28/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Dikukuhkan Kakan Kemenag Aceh Timur, Dinar Puspita Ayu Pimpin Forum Penulis Kemenag Aceh Timur Periode 2023-2027

24 Juli 2023

 

 

  Laporan : Ray

Editor : Fauzi

 

Dikukuhkan Kakan Kemenag Aceh Timur, Dinar Puspita Ayu Pimpin Forum Penulis Kemenag Aceh Timur Periode 2023-2027

 


Aceh Timur (ANN) – Pengurus baru Forum Penulis Kemenag Aceh Timur (F-PeKAT) Periode 2023-2027 telah dikukuhkan dalam prosesi pelantikan yang digelar pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Kegiatan pelantikan yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Pendopo Bupati Aceh Timur tersebut merupakan titik awal F-PeKAT resmi menjadi bagian langsung dari keluarga besar organisasi dibawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur Nomor 1316 Tahun 2023 Tentang Susunan Pengurus Forum Penulis Kemenag Aceh Timur Periode 2023-2027.

Ketua Panitia, Haris Salaziq, S.Kom dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama dari berbagai pihak, terutama internal pengurus yang telah bekerja keras hingga kegiatan ini dapat terwujud, serta tentunya tak lepas pula dari bantuan berbagai pihak yang turut mensponsori acara tersebut yang diantaranya dari Bank Aceh, Medco Energi, The Royal Hotel, Zona Kreatif, Di Kupi, Radio SCK FM, Mahligai Ponsel, Penerbit Masmedia, Penerbit Erlangga.

Forum PeKAT yang telah terbentuk sejak beberapa tahun silam dan berdiri secara mandiri tanpa kepengurusan yang terikat secara birokrasi, sebelumnya dipimpin oleh Bapak Syarifuddin S Malem sebagai ketua forum bersama presidium forum yang terdiri dari Agussalim, Ita Khairani, dan Dinar Puspita Ayu.

Perjalanan F-PeKAT yang kini telah menghasilkan puluhan karya tulis dari anggota dibawah naungannya, baik berupa buku solo maupun buku antologi yang dipayungi langsung oleh bendera F-PeKAT, tentunya hal ini menjadi bukti bahwa F-PeKAT terus berkembang secara signifikan dan pada hari ini bertransformasi dari forum terbuka menjadi organisasi dibawah payung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur.

Syarifuddin S Malem sebagai Demisioner Ketua F-PeKAT, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “perjalanan F-PeKAT mungkin belumlah lama, masih berupa bayi yang mencoba untuk merangkak, namun bayi tersebut kini telah menampakkan Langkah pertamanya sebagai forum yang bervisi besar kedepan, visi yang dibuktikan dengan melahirkan puluhan buku yang tidak hanya berbentuk antologi, namun juga buku-buku solo hasil karya anggota F-PeKAT”.

Acara yang berlangsung hingga menjelang siang tersebut dihadiri oleh berbagai pihak dari kalangan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur, terutama Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Timur H. Salamina, M.Ag, yang bertindakmelantik pengurus F-PeKAT Periode 2023-2027, turut hadir pula Kasubbag TU Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Timur, Para Kasi dan Penyelenggara Zawa, K2M MI, K2M MTs, K2M MA, Kepala Madrasah, Pokjawas, serta Kepala KUA dibawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur.

Kakan Kemenag Aceh Timur, Salamina, M.Ag dalam arahannya setelah melantik pengurus baru F-PeKAT periode 2023-2027 menyampaikan “F-PeKAT kedepan hendaknya menjadi organisasi yang lebih baik lagi, peningkatan dalam bidang literasi tentunya akan menjadi fokus kerja utama F-PeKAT kedepannya, organisasi ini mungkin terbilang baru, namun dengan perjalanannya yang kian berkembang dengan pesat dalam berbagai prestasi, tentunya akan memastikan gerak literasi di Kabupaten Aceh Timur akan berkembang pesat terutama dibawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur khususnya.

Dinar Puspita Ayu yang merupakan Ketua F-PeKAT terpilih, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut, ucapan terimakasih terutama kepada Kakankemenag Kabupaten Aceh Timur yang telah sudi untuk menuangkan Forum PeKAT kedalam sebuah Surat Keputusan Kepengurusan dan hari ini disahkan kembali dalam prosesi pelantikan. Terimakasih juga kepada para undangan, baik dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur maupun para tamu undangan lainnya.

Dinar menyebutkan bahwa hal yang memudahkan F-PeKAT bergerak selama ini adalah berkat dukungan dari berbagai pihak yang menerima F-PeKAT dengan tangan terbuka penuh dukungan, gebrakan Literasi yang digaungkan oleh F-PeKAT sejak dibentuknya beberapa tahun silam dan dinahkodai oleh Bapak Syarifuddin S Malem, kini telah menerima berbagai kontribusi positif, diantaranya menjadikan Aceh Timur sebagai Peringkat ke-6 Kabupaten dengan Kontribusi Penulis Terbanyak dalam Event Menulis Grindam Tingkat ASEAN, yang 95% penulis mewakili Aceh Timur tersebut merupakan anggota Forum Penulis Kemenag Aceh Timur. “Kesuksesan butuh perjuangan, dan perjuangan butuh pengorbanan. Proses itu pahit, sedagkan hasilnya akan manis terasa” tutupnya.

Prosesi pelantikan berjalan dengan hitmad, dengan puncak acaranya adalah pelantikan pengukuhan pengurus F-PeKAT Periode 2023-2027 yang dilaksanakan langsung oleh Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Timur serta penyerahan Pataka F-PeKAT dari Demisioner Ketua Pengurus F-PeKAT Syarifuddin S Malem kepada Ketua Pengurus Baru F-PeKAT 2023-2027 Dinar Puspita Ayu, penyerahan Pataka F-PeKAT juga dibarengi dengan serah terima administrasi kepengurusan organiasi dari pengurus lama kepada pengurus baru.

Dalam kegiatan tersebut, peserta yang hadir tidak hanya terbatas dalam lingkup Kantor kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur, kegiatan tersebut juga turut mengundang Bupati Aceh Timur melalui Asisten II, Ketua DPR K Aceh Timur, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, serta Perwakilan Dari Bank Aceh.(Ray)

About Post Author