Bupati Letakkan Batu Pertama Gedung Klub Baca Perempuan dan PAUD Alam Anak Negeri

08 Juni  2021

 

 

 Laporan : Tio AF

 

Bupati Letakkan Batu Pertama Gedung Klub Baca Perempuan dan PAUD Alam Anak Negeri

 

Tanjung KLU (ANN) – Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH meletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Klub Baca Perempuan dan Sekolah PAUD Alam Anak Negeri di Jambianom Tanjung, Senin (7/6/2021). Hadir pula Bunda PAUD Lombok Utara Hj. Galuh Djohan Sjamsu, Ketua Lembaga Klub Baca Perempuan Nursida Syam SS, unsur Camat Tanjung serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Djohan Sjamsu dalam sambutannya menyampaikan baru saja selesai menghadiri acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Lombok Utara dengan biaya berkisar 10 miliar rupiah bantuan dari pemerintah pusat.

“Saya hadir di sini senada dengan yang saya lakukan hari ini, anak belajar interaksi dengan alam sebagai anak negeri yang disponsori oleh Lembaga Klub Baca Perempuan maka kepadanya saya berterima kasih sebagai kepala daerah,” tuturnya.

Dikatakan Bupati Djohan, pendidikan PAUD berperan penting mengisi relung hati anak bangsa sejak dini dan memperkenalkannya dengan alam sekitar. Disamping itu pula, sambungnya, perlu dikhawatirkan imbas perkembangan teknologi yang begitu cepat, walaupun di sisi lain dapat memberi manfaat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas inisiasi dan partisipasi mendirikan gedung PAUD Anak Negeri untuk geliat membaca karena adanya fenomena kurangnya minat baca,” imbuhnya.

Dengan adanya Klub Baca Perempuan dan Sekolah PAUD Alam Anak Negeri, harap bupati, dapat menjadi semangat baru bagi anak-anak melakukan kegiatan membaca dan cinta membaca.

Menurut bupati dua periode ini, keberadaan yayasan cukup membantu pada saat situasi pendapatan daerah menurun drastis akibat Covid-19 di Lombok Utara. Selain itu, lokasi pendirian gedung tersebut representatif dengan kondisi alam yang terbuka. Namun demikian, akses jalan menuju lokasi perlu menjadi perhatian Pemda KLU.

“Belum banyak yang bisa kita perbuat tahun ini, karena kondisi keuangan daerah yang belum mampu akibat Covid-19,” tandasnya.

Dijelaskan pula, masih banyak persoalan daerah yang belum diselesaikan seperti belum dibangunnya kantor bupati, gedung DPRD. Pihaknya optimis sedikit demi sedikit permasalahan daerah akan dibenahi dan dibangun agar pada saatnya seluruh komponen daerah mampu berkiprah membangun Lombok Utara.

“Mari kita utuh bersatu membangun dari keterpurukan, insya Allah Pemda tidak menutup mata terhadap kegiatan yang dilakukan oleh ibu-ibu yang banyak bergerak dalam bidang pendidikan, untuk tumbuh kembangnya minat baca anak bangsa di daerah kita,” urainya.

Dituturkannya, amaliah yayasan mencerdaskan anak bangsa melalui PAUD Alam Anak Negeri dan klub baca memiliki banyak makna untuk kemajuan pendidikan Lombok Utara pada masa yang akan datang.

Dalam pada itu, Ketua Lembaga Club Baca Perempuan Nursida Syam SS menyatakan, usia Klub Baca Perempuan telah memasuki 14 tahun. Terima kasih, hari ini (kemarin, ed) Bupati Lombok Utara bersedia bersama-sama menyaksikan dan meletakkan batu pertama Sekretariat Bersama (Sekber) Klub Baca Perempuan dan Gedung PAUD Anak Negeri tersebut.

“Gedung ini sumbangsih atau tali kasih dari salah seorang kawan jauh dari Prancis. Dia saudara kami, sahabat kami kakanda Irwan, beliaulah yang kemudian mendatangkan rezeki besar untuk Klub Baca Perempuan. Kami juga berharap ini menjadi aset bersama untuk Lombok Utara ke depannya,” terangnya.

Dirinya menyatakan bahwa Pembangunan Gedung Klub Baca Perempuan dan PAUD Alam Anak Negeri dengan biaya kurang lebih 300 juta rupiah, bantuan donatur dari Prancis. Adapun yang baru terkirim pada tahap pertama dari rencana bantuan tiga tahap, sebesar 6000 euro atau berkisar 102 juta rupiah.

“Bangunan sekretariat Klub Baca Perempuan sekaligus Gedung PAUD Anak Negeri bersumber dari dana bantuan donatur dari Prancis. Bangunan 2 lantai seluas 8 m x 14 m, dikerjakan secara bertahap (rencananya akan dilakukan sebanyak 3 tahap). Tahap pertama dibangun dengan dana sebesar 6000 euro atau sekitar 102 juta rupiah, dan total keseluruhan dana yang akan digunakan untuk pembangunan gedung ini nantinya kurang lebih 300 juta rupiah. Untuk memperlancar proses pengerjaan bangunan Sekretariat Bersama Klub Baca Perempuan, dana pembangunan tidak dikelola langsung oleh Klub Baca Perempuan, melainkan menggunakan pihak ketiga. Dimana semua dana, baik itu biaya bahan bangunan maupun ongkos tukang, masuk melalui rekening suplayer yang dipercaya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu pihaknya menyampaikan terima kasih yang tulus atas kehadiran Bupati Lombok Utara meluangkan waktu sekaligus menyempatkan diri hadir.

“Kami harapkan nanti pada pertemuan selanjutnya Bupati Lombok Utara bisa hadir untuk meresmikan gedung ini, agar dapat memberi manfaat” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan dengan prosesi peletakan batu pertama kemudian foto bersama dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (wld)
foto: rar/humaspro

admin

Tinggalkan Balasan

Next Post

Kasat Sabhara Polres Aceh Timur Pimpinan Langsung Patroli Dialogis

Rab Jun 9 , 2021
09  Juni 2021   Laporan : Ozie   Kasat Sabhara Polres Aceh Timur Pimpinan Langsung Patroli Dialogis   ANN, IDI – Patroli Dialogis merupakan kegiatan rutin Satuan Sabhara Polres Aceh Timur dalam mencegah gangguan kamtibmas dan penerapan protokol kesehatan pada masyarakat. Kegiatan Patroli Dialogis pada Selasa, (08/06/2021) yang di pimpin […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori