16/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Semarak Parade Karnaval HUT RI ke78 Tahun Kabupaten Aceh Timur

18 Agustus 2023

 

 

  Laporan : Ray

Editor : Fauzi

 

Semarak Parade Karnaval HUT RI ke78 Tahun Kabupaten Aceh Timur

 


Aceh Timur (ANN) – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 78, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menggelar parade karnaval yang diselenggarakan pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Parade karnaval yang dipusatkan di Pendopo Bupati Aceh Timur tersebut dimulai dari jam 14.00 wib, yang dilepas langsung oleh Pj Bupati Aveh Timur, Ir Mahyuddin MSi dan didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur, H. Salamina, S.Ag, MA. Dengan rute start dari Pendopo Bupati Aceh Timur mengelilingi perkotaan Kota Idi dan finish di halaman Kantor Camat Kecamatan Idi Rayeuk.

Parade karnaval tersebut diikuti oleh beberapa sekolah yang ada di dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur, baik sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur maupun yang berada dibawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur.

Ditemui saat pelepasan parade, Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Timur, H Salamina SAg MA, menjelaskan bahwa parade karnaval ini juga merupakan sebagai bentuk kecintaan kepada bangsa dan negara yang ditunjukkan oleh siswa-siswi sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan, dan juga tentunya dari madrasah tingkat MA, MTs, MI dan RA di lingkungan Kantor Kemenag Aceh Timur dengan turut serta meriahkan Parade Karnaval pada peringatan HUT RI ke78 tahun.

“Mereka menggunakan berbagai macam pakaian adat, tidak hanya dari Aceh saja bahkan pakaian dari daerah lain juga ada, suasana tersebut menunjukkan ke Bhinnekaan tanpa ada perbedaan,” ujar H Salamina

H Salamina juga menuturkan terkait pentingnya menanamkan sifat nasionalisme kepada siswa-siswi dengan menghayati perjuangan pendahulu dalam merebut kemerdekaan yang disikapi dengan perayaan 17 Agustus melalui pergelaran budaya” ujar H Salamina

“Tak hanya siswa-siswi saya juga berharap masyarakat mengenang kembali jerih payah nenek moyang kita dalam memperjuangkan perdamaian Indonesia, oleh karena itu semoga obor semangat perjuangan itu terus hidup dalam diri kita” harap H Salamina

Ditemui terpisah, dengan menggunakan stelan jas warna hitam yang dipadukan kaos putih, M. Raisur Radhi, siswa kelas XI MIA1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Timur yang turut serta menjadi peserta dalam parade karnaval HUT RI ke78 tersebut saat dijumpai awak media mengungkapkan rasa antusiasnya dalam mengikuti karnaval tersebut.

“senang bisa berpartisipasi dalam parade karnaval ini, karena jarang kami bisa ikut serta dalam parade seperti ini, karena saat kegiatan seperti ini kami bisa bebas ikut hanya bermodalkan pakaian adat, pakaian profesi dan pakaian-pakaian lainnya, semua bisa ikut serta asalkan ada kemauan” terang raisur.

Raisur juga menerangkan walau panas terik matahari yang menyengat harus dirasakan disaat mengikuti parade dengan berjalan kaki, hal itu tidak menyurutkan semangat mereka, ia berharap kegiatan seperti ini tetap dilakukan tiap tahunnya.

Parade karnaval yang dimulai dari jam 14.00 wib tersebut berakhir hingga keseluruhan kontingen finish di halaman kantor Camat Kecamatan Idi Rayeuk, ada sejumlah 60 kontingen dari berbagai sekolah yang turut serta, namun ada beberapa sekolah yang terpaksa menyusul dikarenakan terjebak hujan yang terjadi sebelumpawai dimulai, namun hal tersebut tidak mempengaruhi keseluruhan kegiatan pawai tersebut. (Ray)

About Post Author