16/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

DAYAH FMA BUKET MEUTUAH MELAKSANAKAN MAULID NABI.

11 Desember 2024

 

 

 Laporan : Hadi

 

 

DAYAH FMA BUKET MEUTUAH MELAKSANAKAN MAULID NABI.

 

Langsa, ANN
Dayah Futuhul Mu’arif Furu’ Tsalis Al-Aziziyah (FMA) yang berada di Wilayah Gampong Buket Meutuah Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa di bawah pimpinan Tgk. Yusri Zulkifli melaksanakan perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W. 1445 Hijriyah pada sabtu malam dan minggu siang, 9/10 Desember 2023.

Tgk. Yusri Zulkifli selaku pimpinan dayah FMA menyampaikan bahwa maulid di dayah rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya, namun pada tahun ini sedikit berbeda dari rahun-tahun sebelumnya.

Pada perayaan maulid tahun 1445 Hijriyah/2023 Masehi ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari pertama sabtu malam ba’da isya dilaksanakan dakwah dalam rangka memperingati maulid nabi besar Muhammad S.A.W. yang diisi oleh yang mulia Abana Murdani Muhammad sebagai pendakwah.

Dalam pembukaan dakwahnya, Abana Murdani Muhammad menyampaikan bahwa ada empat perkara yang membuat Islam seseorang menjadi sempurna, yang pertama adalah sifat benar, yaitu berbicara sesuai fakta di lapangan, yang kedua adalah rasa syukur, yaitu menikmati pemberian Allah S.W.T. tanpa mengeluh dengan keadaan.

Selanjutnya tambah Abana Murdani, yang ketiga adalah rasa malu dalam melakukan kemungkaran, dan yang terakhih adalah baik akhklaknya terhadap sesama.

Selanjutnya pada hari kedua yakni minggu siang dilaksanakan khanduri Maulid bersama masyarakat Gampong Buket Meutuah dan tamu undangan lainnya, serta diikuti dengan pemberian santunan anak yatim yang berada di sekitar dayah.

Tgk. Yusri menambahkan bahwa peringatan maulid ini diikuti oleh masyarakat Gampong Buket Meutuah dan sekitarnya serta tamu undangan lainnya seperti pimpinan-pimpinan dayah yang berada di Kota Langsa serta tamu-tamu lainnya.

Tgk Yusri juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan masyarakat Gampong Buket Meutuah serta pihak terkait lainnya yang telah mensukseskan dan mendukung acara maulid tersebut, baik itu dukungan dana, tenaga, maupun pikiran.

Pada kesempatan yang sama Geuchik Gampong Buket Meutuah Yasir menyampaikan bahwa Pemerintah Gampong Buket Meutuah sangat mendukung perayaan maulid di dayah pada setiap tahunnya, acara tahunan tersebut sangat penting dilaksanakan karena dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencintai dan merindukan sosok teladan kita yaitu Baginda Nabi Besar Muhammad S.A.W.

Semoga kita semua senantiasa meneladani akhlak Rasulullah S.A.W., untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, tutupnya. (HADI)

About Post Author