17/07/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

BPTQ Ummi Mariana Geudubang Jawa Langsa Memperingati Maulid Nabi

19 November,  2023

 

 

  Laporan: PO

Catatan : Dian

 

BPTQ Ummi Mariana Geudubang Jawa Langsa Memperingati Maulid Nabi

 

LANGSA-ANN

Balai Pengajian Tahfizh Qur’an (BPTQ) Ummi Mariana Gampong Geudubang Jawa Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023, Ahad serta Pengumuman Lomba Islami(19/11).

Maulid Nabi dengan mengusung tema, ” Mari Kita Teladani Akhlak Baginda Rasulullah SAW, Serta Kita Jaga Aqidah dan Ukhuwah Islamiyah” juga dilaksanakan pemberian santunan kepada 18 anak yatim, serta menghadirkan penceramah Ustadz Muhammad Ali Hasibuan (Muhas) dari Sumatera Utara, Medan.

Pj Wali Kota Langsa yang diwakili Plt Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD) Kota Langsa, Tgk Fauzaruddin, SPd.l menyampaikan, Pemerintah Kota Langsa mendukung dan memotivasi lembaga pendidikan BPTQ ini untuk mengembangkan pendidikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan oleh badan dayah.

Lanjutnya, “terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan ustad, ustadzah dengan tulus ikhlas dan sukarela mendidik dan mengajarkan anak-anak kita untuk membaca Alauran. Sehingga di BPTQ Ummi Mariana telah melahirkan santriwati yang telah mampu mengikuti ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh yang akan dilaksanakan di Kabupaten Simeulue untuk Cabang Syarhil Qur’an”.

“Selain itu juga, anak-anak kita juga dapat membaca, memahami dan mengamalkan kandungan isi Alquran. Semoga apa yang ustadz dan ustadzah berikan Insya Allah dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT,” tambah Tgk Fauzaruddin.

 

Sementara, Pimpinan BPTQ Ummi Mariana Ustadz Husni Thamrin Lubis, S, Pd.I mengucapkan, Alhamdulillah terselenggaranya kegiatan ini merupakan wujud dari rasa bahagia, gembira dan rasa syukur atas kelahiran Rasulullah SAW.

“Terima kasih kepada wali santri yang telah mempercayakan kami untuk dapat mendidik anak bapak-ibu sekalian. Insya Allah, dengan fasilitas apa adanya saat ini jumlah santri yang menimba ilmu di BPTQ Ummi Mariana ini melebihi kapasitas sarana yang tersedia,” ucapnya.

Adapun, jumlah santri saat ini sebanyak 300 santri dengan jumlah lokal yang tersedia sebanyak 12 lokal. Jadi sesuai dengan jumlah santri saat ini, maka kebutuhan lokal sekitar 17 lokal.

“Dalam hal ini, kami terus mengharapkan dukungan moril dan materil dari para wali santri serta semua pihak guna terciptanya generasi Qurani di Provinsi Aceh khususnya di Kota Langsa,” imbuh Ustadz Husni Thamrin.

Untuk meningkatkan kualitas belajar dan menumbuhkan rasa percaya diri santi wan dan santri wati, Balai Pengajian Tahfizh Qur’an (BPTQ) Ummi Mariana melaksanakan kegiatan lomba antar kelas, baik kelas tingkat iqra’ dan tingkat Alquran. Cabang lomba kelas iqra’ antara nya: ADZAN HAFALAN SURAH PENDEK, ASMAUL HUSNA, MENYUSUN SURAH, MENYUSUN HURUF HIJAIYAH dan CERDAS CERMAT. Cabang lomba kelas Al-Qur’an: CERDAS CERMAT, TAHFIDZ 1 JUZ, TAHFIDZ 2 JUZ, QIRAATUL QUTUB, SYARHIL, TAJWID,

Kegiatan Maulid ini turut dihadiri, Plt Kepala DSI dan PD Kota Langsa, MPU Kota Langsa, Kemenag Kota Langsa, Forkopimcam Langsa Baro, Imum Mukim dan sejumlah Pimpinan Dayah dan Pesantren dalam wilayah Langsa Baro, Pengurus BPTQ Ummi Mariana dan Dewan Guru, wali santri serta sejumlah tamu dan undangan lainnya.

About Post Author