19/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama Di Polres Aceh Timur

23 Maret 2021

 

 Laporan : Ray

 

Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama Di Polres Aceh Timur

IDI, Aceh Timur (ANN) – Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro S.I.K.,M.H mengatakan, pihaknya telah menerima 550 vial vaksin. Vaksin tersebut diperuntukan bagi seluruh anggota polres dan polsek. “Kami mendapatkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur sebanyak 550 vaksin,” ungkap Kapolres Aceh Timur.


Menurut Kapolres, program vaksinasi ini merupakan bagian dari memutus mata rantai Covid-19, terutama Bhabinkamtibmas, mereka yang berada di garis terdepan dan bersentuhan lansung dengan masyarakat dalam menekan penyebaran Covid-19.

“Untuk Tim Vaksinator yang bertugas ada 8 (delapan) orang, 1 (satu) orang bertindak selaku vaksinator, 2 (dua), orang bagian pendaftaran, 2 (dua) orang admin Screening, 1 (satu) orang pemantauan (observasi) dan 2 (dua) orang pengamanan limbah dan kesehatan lingkungan,” sebut Kapolres.

Tahapan pertama, personel yang akan disuntik vaksin harus lolos verifikasi pendaftaran melalui aplikasi “Peduli Lindungi”. Kemudian ke pos dua untuk Screening. Di pos ini calon penerima vaksin akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta.


Pos dua ini akan diberikan pertanyaan sebanyak 16 item termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima vaksin. Jika lolos di pos dua, maka tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin Covid-19 yang berada di pos tiga.

Usai disuntik, penerima vaksin akan menjalani masa observasi selama 30 menit di pos empat. Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin.

Selama masa observasi ini, akan dipantau gejala klinis yang muncul pasca pemberian vaksin. Jika timbul efek samping dari vaksin berupa gejala klinis akan dilakukan penanganan lebih lanjut.


Untuk hari ini vaksinasi diperuntukan bagi Pejabat Utama Polres Aceh Timur, para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas. Vaksinasi akan dilanjutkan kembali Selasa esok, sehingga seluruh personel polres dan polsek benar benar mendapatkan vaksin.

Meski telah mendapatkan vaksin, Kapolres Aceh Timur menekankan pada seluruh personel untuk tetap senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K.,M.H.***(Ray)

About Post Author