TIPS CARA BERHENTI MEROKOK !

04 April 2021

 

Artikel

 

TIPS CARA BERHENTI MEROKOK !

Oled :  Rizal Fauzi, M. Kes

 

Merokok merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh seorang perokok tanpa menyadari akan alasan mengapa dan apa yang sebernarnya diharapkan dari rokok tersebut. Namun rokok telah menjadi suatu kebutuhan bagi perokok yang sudah mengalami ketergantungan atau kecanduan, sehingga tanpa rokok terasa tidak lengkap atau merasa kehilangan. Bermula dari coba – coba hingga menjadi sebuah kebiasaan bahkan ketergantungan.

Dari rasa ingin dihargai dan diakui, hingga menjadi sebuah kebiasaan dan ketergantungan, sehingga akan sangat sulit untuk dapat melepaskannya. Kebiasaan merokok juga merupakan perilaku menyimpang dari perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), yang membutuhkan terapi ataupun konseling untuk dapat merubahnya kembali berperilaku hidup sehat.

Jika ditanyakan kepada perokok, “apakah ada keinginan untuk berhenti merokok?”. Tentunya jawaban yang akan kita dapati dari hampir semua perokok, adalah mereka sangat ingin sekali terlepas dari ketergantungan atau kecanduan rokok, dan berharap dapat berhenti merokok. Namun rata – rata perokok menyatakan tidak tau cara berhenti rokok.

Berhenti rokok tentu merupakan kegiatan merubah kebiasaan, merubah perilaku, merubah image dari sebuah kenikmatan menjadi suatu ancaman kesengsaraan (potensi penyakit degeneratif), serta semua yang selama ini dianggap baik atau menjadi lebih baik sebagai akibat dari rangsangan rokok menjadi lebih real, yaitu keadaan atau perilaku yang sebenarnya tidak dipengaruhi oleh rokok.

Upaya merubah kebiasaan membutuhkan strategi yang tepat dan sesuai dengan seseorang. Tiap orang miliki karakter yang berbeda, dan kesiapan serta integritas yang tidak sama. Sehingga Kami akan menawarkan beberapa cara sebagai alternative melepaskan diri dari ketergantungan rokok.

Buatlah daftar alasan berhenti merokok

Tulis daftar alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok dan ingatlah alasan – alasan tersebut kemanapun anda pergi.

Alasan ini akan menjadi sebuah motivator dan membuat Anda lebih mudah berhenti merokok.

Mulailah dengan menyingkirkan semua hal yang berhubungan dengan rokok, seperti asbak dan korek api, dari jangkauan anda.

Tetapkan pula target waktu kapan anda mulai berhenti merokok dan kapan akan berhenti total dari kebiasaan tersebut.

Ingatkan dan beritahukan kerabat dekat

Jika anda sudah memiliki keputusan yang bulat untuk berhenti merokok, ada baiknya anda memberitahukannya pada kerabat dekat yang selalu bertemu setiap harinya, bisa teman kantor atau pacar.

Memberitahukan teman, kerabat, dan keluarga bahwa anda sedang dalam tahap berhenti merokok agar mereka dapat memberikan dukungan dan tidak menawarkan rokok kepada anda. Dengan cara ini anda akan sangat terbantu ketika anda lupa bahkan ingin merokok lagi.

Hindari pemicu kebiasaan merokok

Hindari faktor yang dapat memicu anda kembali merokok, seperti berkumpul dengan sesama perokok atau mengonsumsi kopi dan minuman beralkohol.

Jika terbiasa merokok setelah makan, anda bisa mencari cara untuk mengalihkan keinginan anda untuk merokok, misalnya dengan mengunyah permen karet, mengonsumsi camilan, makan sirih, atau bahkan menggosok gigi.

Ketika keinginan merokok datang, anda pun bisa mencoba untuk menundanya dan menyibukkan diri dengan aktivitas lain seperti berjalan, berolahraga, atau melakukan sesuatu yang anda sukai.

Ketika anda memutuskan untuk berhenti merokok, cobalah untuk mendisiplinkan diri. Mungkin sesekali anda akan tergiur untuk merokok dan berkata, “satu batang saja tidak masalah.” Jauhkan pikiran tersebut Meski hanya sebatang, mengisap rokok bisa memicu anda untuk terus-menerus mengisapnya lagi dan lagi.

Lakukan terapi relaksasi dan olah raga

Berhenti merokok mungkin bisa membuat diri anda stres. Namun, hal ini bisa diatasi dengan berbagai metode relaksasi, seperti mendapatkan pijatan, mendengarkan musik klasik, atau menghela napas panjang. Anda juga bisa mengatasinya dengan melakukan olahraga ringan, seperti yoga atau joging.

Dengan melakukan olah raga dapat membantu untuk mengurangi hasrat anda terhadap nikotin. Ketika hasrat untuk merokok anda datang, lakukan olahraga seperti jalan kaki, berenang atau lari. Bergaul dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat juga sangat membantu anda agar bisa berhenti merokok.

 

Cobalah konseling dan hypno terapi

Konseling dapat membantu anda untuk mengidentifikasi faktor pemicu anda merokok dan memfokuskan cara untuk berhenti merokok. Dalam hal ini, anda bisa meminta bantuan psikolog untuk mencari solusinya.

Metode berhenti merokok lainnya adalah dengan menjalani terapi alternative berupa hipno terapi, yaitu terapi alam bawah sadar engan sugesti – sugesti. Belum diketahui secara pasti apakah prosedur ini benar – benar efektif membuat seseorang berhenti merokok. Namun sebahagian orang mengaku sudah merasakan manfaatnya.

 

 

Foto : Rizal Fauzi, M.Kes.

Lakukan antisipasi gejala putus nikotin

Saat mulai berhenti merokok, tubuh akan kekurangan nikotin. Hal ini bisa memicu gejala putus nikotin (nicotine withdrawal) yang ditandai dengan rasa nyeri, mual, sakit kepala, gelisah, dan emosional atau mudah marah.

Orang yang hendak berhenti merokok juga biasanya akan mengalami gejala batuk-batuk.

Umumnya, kondisi tersebut akan anda alami dalam rentang waktu 12–24 jam setelah berhenti merokok dan secara bertahap akan mereda dalam waktu 2–4 minggu. Jangan tergoda untuk kembali merokok meski harus merasakan gejala yang mengganggu tersebut. Setelah tubuh terbiasa bebas dari nikotin, gejala tersebut akan menghilang dengan sendirinya dan andapun bisa terbebas dari rokok.

Untuk meningkatkan keberhasilan, upaya ini dapat disertai dengan terapi pengganti nikotin, misalnya dengan permen karet, tablet hisap, plester, inhaler, atau semprotan hidung yang mengandung nikotin.

 

Gunakan pendekatan agama

Meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam beribadah juga dapat membantu anda melepaskan diri dari ketergantungan dan kecanduan terhadap nikotin.

Anda dapat meminta tokoh agama yang memiliki pengetahuan lebih mendalam tentang ilmu agama untuk membantu anda dalam melepaskan ketergantungan dan berhenti merokok.

Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jika berbagai cara sudah dilakukan namun belum juga bias membantu atau anda masih merasa kesulitan berhenti merokok, cobalah konsultasikan ke dokter agar dokter dapat menentukan cara efektif berhenti merokok yang sesuai dengan kondisi anda.

Demikian beberapa cara yang dapat anda coba terapkan guna dapat melepaskan ketergantungan dan kecanduan terhadap rokok. Jika anda mempunyai niat dan keinginan kuat, serta upaya yang konsisten maka dapat dipastikan artikel ini akan sangat efektif membantu anda untuk berhenti merokok. Selamat mencoba. {Master Rizal)

admin

Next Post

Pelantikan Pengurus Pokjawas, K2M, MGMP MA, MGMP MTs, dan KKG MI. Di Aula MAN IC Aceh Timur.

Sen Apr 5 , 2021
05 April 2021       Laporan : Ray   Pelantikan Pengurus Pokjawas, K2M, MGMP MA, MGMP MTs, dan KKG MI. Di Aula MAN IC Aceh Timur. IDI, Aceh Timur (ANN) – Pengurus KKG MI baru, yang terpilih dalam pemilihan pada tanggal 30 maret lalu di kementerian Agama kabupaten Aceh […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori