Tingkatkan Budaya Literasi Digital, MIN 2 Aceh Timur Adakan Pelatihan Guru mulai 30/4/21.

02 Mei 2021

 

 

  Laporan : Ray

 

Tingkatkan Budaya Literasi Digital, MIN 2 Aceh Timur Adakan Pelatihan Guru mulai 30/4/21.

IDI, Aceh Timur (ANN) – Dalam perjalanannya, pendidikan telah banyak bertransformasi baik menyangkut administrasi maupun proses pembelajaran didalamnya, karena sejatinya proses pembelajaran yang menarik dapat memberikan dampak besar terhadap hasil dari pembelajaran itu sendiri.

Hal diatas yang mendasari MIN 2 Aceh Timur menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Interaktif Berbasis Multimedia bagi guru-guru MIN 2 Aceh Timur.

pelatihan yang diadakan di Komplek MIN 2 Aceh Timur tersebut sekaligus sebagai upaya mendukung literasi digital yang saat ini sedang dipopulerkan pemerintah dalam berbagai aspek pendidikan.

Hal ini juga menjadi salah satu faktor mutlak dalam kondisi pembelajaran masa darurat covid19 yang menuntut guru agar dapat berinovasi dalam memberikan pembelajaran melalui system daring.

Pelatihan pembuatan LKPD, yang dilaksanakan dalam bulan ramadhan ini dan akan berlangsung sampai dengan minggu depan, mengusung beberapa materi tentang pemanfaatan portal digital pendukung yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran., diantaranya Google Form, Liveworksheet dan Quizizz, serta beberapa aplikasi pendukung lainnya.

Pelatihan tersebut terlihat berjalan dengan aktif dan komunikatif yang dipandu oleh dua orang pemateri yang merupakan guru berprestasi pada madrasah itu sendiri, yaitu Raiyan Azmi, S.Pd.I dan Desy, S.Pd.

Raiyan dan Desi adalah Guru Kelas pada MIN 2 Aceh Timur yang juga merupakan peserta pada Pelatihan Pembuatan LKPD Interaktif Berbasis Multimedia yang telah dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur, serta keduanya juga merupakan anggota aktif dari Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI) Kabupaten Aceh Timur.

Raiyan Azmi, S.Pd.I, menyampaikan bahwa untuk mempermudah melaksanakan tugasya, pendidik sebaiknya menyusun lembar kerja peserta didik (LKPD) atau Lembar Kerja Siswa (LKS).

Jika dalam pembelajaran konvensional, LKPD berbentuk lembaran-lembaran kertas, maka pada pembelajaran daring disusun dalam bentuk tautan berbasis web. Tautan yang disusun sebagai pendamping file materi ini selain memiliki tujuan yang sama seperti LKS biasanya, juga dapat menambah kecakapan literasi digital peserta didik,” pungkasnya.

Kepala MIN 2 Aceh Timur, Erni, S.Pd.I, menerangkan “MIN 2 Aceh Timur Berusaha tampil maksimal baik dalam segi IPTEK maupun IMTAQ melalui direct teaching maupun indirect teaching dalam pembentukan lulusan yang unggul serta siap bersaing dengan lulusan sekolah lainnya, dan pelatihan ini merupakan salah satu sarana menuju madrasah berbudaya literasi digital”

Lebih lanjut Ia mengharapkan Pelatihan ini nantinya akan mampu mensupport kebutuhan guru akan aplikasi penunjang yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, baik dalam segi efektifitas maupun inovasi yang bisa kolaborasikan oleh guru-guru khususnya guru-guru MIN 2 Aceh Timur dalam proses pembelajaran.

Pelatihan Pembuatan LKPD interaktif ini dilaksanakan sebagai bentuk lanjutan dari Pelatihan Penyusunan LKPD Interaktif Berbasis Multimedia yang diprakarsai oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur yang telah dilaksanakan pada bulan Maret yang lalu. (Ray)

admin

Next Post

" Walkot Langsa Copot Jabatan OPD Pengguna Narkoba "

Ming Mei 2 , 2021
02  April  2021    Laporan : Chik   ” Walkot Langsa Copot Jabatan OPD Pengguna Narkoba “   Langsa, (ANN)  –  Walikota Langsa Tgk. Usman Abdullah, SE Toke Seu’eum) menyampaikan kiat ketegasan mencopot jabatan Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) atau lebih jelas disebut jabatan Kepala Dinas yang terbukti menggunakan bahan […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori