Tak Ada Jembatan Penghubung, Proses Distribusi Hasil Pertanian Petani Serbajadi Memprihatinkan

26 Februsri 2021

 

Laporan : Raiyan

 

Tak Ada Jembatan Penghubung, Proses Distribusi Hasil Pertanian Petani Serbajadi Memprihatinkan

Aceh Timur (ANN) – Sejumlah petani di Dusun Ketibung Dan Dusun Karangkuda Desa Bunin Kecamatan Serbajadi Aceh Timur berharap kepada pemerintah agar kiranya dapat mempercepat pembangunan jembatan gantung di sungai Dusun Ketibung Kecamatan Serbajadi.

Pasalnya masyarakat Dusun Ketibung dan Dusun Karangkuda yang berpenduduk kurang lebih 130 kk, sehari-hari berladang di seberang Sungai Bunin Pereulak.

Tokoh masyarakat Serbajadi Bukhari Muslim mengatakan, lokasi ladang petani yang berada di seberang sungai, mengharuskan para petani untuk menyeberangi sungai bunin pereulak yang lumayan dalam dan lebar. Para petani harus menaiki sampan, karena kondisi sungai bunin pereulak selain besar, juga ada buayanya. Sejak tahun 2019-2020, ada beberapa orang yang di terkam buaya,makanya petani tidak berani  menyeberang bila tidak menaiki sampan. Sedang masyarakat di  Dusun Ketibung dan Dusun Karangkuda, 90 persen masyarakat berprofesi sebagai petani yang menggantungkan ekonominya pada bercocok tanam.
“ para petani disini kebanyakan menanam padi gogo,  jagung, kedelai, pisang, kelapa sawit, pinang, karet,  kakau, dan lain-lain, dengan  luas lahan kurang lebih lima ratus hektar. Setiap harinya para petani terus bergantian membawa hasil panen menyeberangi sungai menggunakan sampan. Hasil panen tersebut nantinya akan dijual kepada para penampung hasil bumi, ada yang berasal dari daerah lokal dan ada juga penampung yang datang dari daerah lain khusus membeli untuk hasil bumi dari petani setempat” ujar Bukhari Muslim.

“namun yang sangat disayangkan para petani tersebut tidak pernah menikmati hasil yang maksimal, karena pengeluaran biaya untuk mengangkut hasil tani menggunakan Sampan membutuhkan biaya yang sangat besar, ketika dihitung-hitung para petani tidak mendapatkan hasil yang maksimal” tambah Bukhari Muslim yang juga Ketua Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan di Kecamatan Serbajadi.
Masyarakat di Dusun Ketibung dan Karangkuda Kecamatan Serbajadi seperti disampaikan Bukhari Muslim Ketua KTNA Kecamatan Serbajadi, sangat berharap agar pemerintah dapat membangun sebuah jembatan untuk memudahkan petasi memasarkan hasil panennya.

“saya selaku Ketua Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Serbajadi mewakili seluruh masyarakat petani di Serbajadi menyampaikan keluh kesah para petani di Dusun Ketibung dan Dusun Karangkuda Desa Bunin Kecamatan Serbajadi kepada Pemkab Aceh Timur dan Pemerintah Aceh,  agar sudi kiranya membangun sebuah jembatan gantung di Dusun Ketibung pada tahun 2021 untuk membatu memudahkan petani desa bunin untuk memasarkan hasil taninya” tutup Bukhari Muslim

 

 

admin

Next Post

Kapolres Lotara AKBP Feri Jaya Satriansyah,SH Pimpin Apel pengamanan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati KLU

Jum Feb 26 , 2021
26  Februari  2021    Laporan : Tio. AF   Kapolres Lotara AKBP Feri Jaya Satriansyah,SH Pimpin Apel Pengamanan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati KLU Lombok Utara (ANN) ~Polres Lotara Kerahkan kekuatan 152 Personil Gabungan dari TNI dan Brimob Amanakan Jalananya Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati KLU Periode 2021- 2026 Kepala […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori