29/03/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

SMAN 1 Singkil Raih Dua Juara Diajang Festival Tari Kreasi Ambe-ambekan dan Tari Nusantara

16 Desember 2022

 

  Laporan : Dian Noer Pratama

 

SMAN 1 Singkil Raih Dua Juara Diajang Festival Tari Kreasi Ambe-ambekan dan Tari Nusantara

 

Aceh Singkil (ANN) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Singkil, menggelar Festival Seni Tradisional pada 13 sampai 16 Desember 2022 di Lapangan Alun-Alun Singkil. Dalam festival itu diperlombakan tari kreasi Ambe-ambekan dan tari nusantara yang diikuti oleh siswa dari tingkat SD sampai SMA.

Dalam kesempatan itu SMAN 1 Singkil kabupaten Aceh Singkil Meraih Dua juara di ajang Festival tersebut, “Alhamdulillah, anak anak Siswa SMA negeri 1 Singkil meraih dua juara, yaitu Juara III pada Lomba tari Nusantara katagori SMA umum dan Juara III di Lomba Tari Ambe-ambekan,

Prestasi yang membanggakan sekolah itu. Semoga menjadi pijakan untuk meraih yang lebih baik lagi di tahun berikutnya, dan sekaligus menjadi pembuka jalan bagi adik adik kelas untuk mengikuti jejak seniornya,’’ ujar Kepala SMA negeri 1 Singkil Fauzan Karni, lewat tulisan rilis pada media ini, Jum’at (16/12/22)

Fauzan juga menambahkan, Mereka siswa-siswi SMA negeri 1 Singkil akan dilatih kembali oleh guru bidang kesenian, guna untuk mengingatkan anak didiknya agar lebih berkompeten di Anjang-ajang yang lain , dengan bimbingan dan pembina serta pelatihan yang lebih matang lagi kedepannya.

“Fauzan juga berharap Agar, Tari Ambe-ambeken yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Nusantara itu pada tahun 2022. Walau perkembangan zaman terus berubah, Pelestarian budaya harus tetap dilakukan, terutama kepada generasi muda siswa di tingkat sekolah.

Untuk memaksimalkan pelestarian ini kita juga harus bisa meningkatkan kreatifitas mengikuti trend dunia tanpa harus menghilangkan nilai-nilai budaya.”Tutunya (DNP)

About Post Author