RSUD dr. Zubir Mahmud Aceh Timur Lakukan Vaksinasi Tahap 3 Vaksin Moderna Dosis Tunggal

18 Agustus 2021

 

 Laporan : Ozie

 

RSUD dr. Zubir Mahmud Aceh Timur Lakukan Vaksinasi Tahap 3 Vaksin Moderna Dosis Tunggal

 

IDI (ANN) – Kegiatan vaksinasi tahap 3 vaksin moderna dosis tunggal dilaksanakan pada hari ini,18/8/2021.

Vaksinasi ini dijadwalkan selama 10 hari, yaitu dari tanggal 18 s/d 27/8/2021. Vaksin yang digunakan adalah moderna, yang menurut informasi sebelumnya diimpor dari Amerika Serikat.

Sebelumnya, sesuai arahan Kementerian Kesehatan, vaksin Moderna disuntikkan untuk tenaga kesehatan sebagai booster atau vaksin Covid-19 dosis ketiga.

Menurut Ners. Kurniawan, S.Kep.,MKM. Yang kami hubungi via WhatsApp, vaksin dosis ketiga ini di berikan kepada nakes yang sudah mendapatkan 2X vaksinasi sebelumnya dengan vaksin sinovac.

Adapun nakes di lingkungan RSUD dr. Zubir Mahmud yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua sekitar 642 orang, atau sekitar 76.4 % dari total 841 nakes, tambah Kurniawan.

Vaksinasi perdana Covid-19 tahap tiga vaksin moderna di RSUD dr. Zubir Mahmud diawali langsung oleh direktur, yaitu, dr. Edi Gunawan, MARS. Selanjutnya baru jajarannya.

“Alhamdulilah…setelah hampir 4 jam pasca vaksinasi, tdk ada efek samping yg berarti, yg saya rasakan, hanya sedikit nyeri di bekas suntikan. Hampir sama saat vaksinasi Covid yg pertama dgn vaksin Sinovac, ujar dr. Edi Gunawan melalui pesan WhatsApp.

Serangkaian informasi dalam proses vaksinasi tahap ketiga vaksin moderna bagi tenaga kesehatan di RSUD dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur, berbeda dengan vaksinasi moderna di Jakarta, yang diberitakan di laman Compas.com pada selasa,17 Agustus 2021 kemarin.

Dikutip dari laman Compas.com, Dinkes DKI mengeluarkan surat pemberitahuan bernomor 8561/1.772.1 tentang siapa saja yang diprioritaskan untuk menerima vaksin moderna.

Berikut rinciannya:
1. Belum pernah mendapatkan   vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2;
2. Masyarakat yang tidak dapat menggunakan vaksin AstraZenecca dan Sinovac berdasarkan surat keterangan dokter;
3. Diberikan hanya kepada warga ber-KTP DKI Jakarta atau berdomisili di DKI Jakarta dengan surat resmi minimal dari RT setempat.

Dalam surat pemberitahuan tersebut juga mengisyaratkan bahwa vaksinasi moderna juga diberikan dalam dua dosis dengan interval waktu selama 28 hari.

Terkait pemberitaan dilaman compas.com, kami konfirmasikan kembali kepada direktur RSUD dr. Zubir Mahmud, yang juga merupakan jubir tim gugus Covid-19 Aceh Timur.

Beliau menjelaskan bahwa vaksin moderna untuk masyarakat yg sama sekali blm pernah memperoleh vaksinasi, akan diberikan vaksin moderna 2 dosis, dgn jarak 4 minggu antara suntikan pertama dan ke dua…setelah vaksinasi khusus Nakes yg ke 3 ini selesai.

Penjelasan dr. Edi sama dengan pemberitaan dilaman kontan co.id oleh kompas.com pada Jum’at, 13/8/2021. pemerintah mencanangkan adanya vaksin Covid-19 dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan (nakes) yang merupakan kelompok risiko tinggi.

Pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga bagi tenaga kesehatan juga telah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau ITAGI. Hal tersebut berdasarkan hasil kajian yang dilakukan dan disampaikan kepada Kementerian Kesehatan pada tanggal 8 Juli 2021. (Ozie)

admin

Next Post

Pengungkapan Pelaku Perburuan Hewan Yang dilindungi

Kam Agu 19 , 2021
19 Agustus 2021       Laporan : Ray   Pengungkapan Pelaku Perburuan Hewan Yang dilindungi   IDI (ANN) – Kepolisian Resor Aceh Timur pada Kamis, (19/08/2021) pagi menggelar Konferensi Pers Pengungkapan Pelaku Perburuan Satwa Yang Dilindungi. Kegiatan yang berlangsung di halaman Polres Aceh Timur ini dipimpin langsung oleh Kapolres […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori