Puluhan Warga Keracunan setelah makan Somay di Pante Bidari Aceh Timu

19 Maret 2021

 

Laporan : Ray

 

Puluhan Warga Keracunan setelah makan Somay di Pante Bidari Aceh Timur

IDI, Aceh Timur.(ANN) – Diperkirakan sekitar 55 orang lebih warga Desa Sahraja, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur, keracunan pasca makan Somai.

“Alhamdulillah semuanya sudah tertangani dengan baik berkat kerja sama yang baik oleh semua tim medis,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Sahminan, melalui Hamdani, kepala Puskesmas Pante Bidari, Aceh Timur kepada ANN, Jumat (19/3/2021).

Beberapa orang yang mengalami gejala berat, jelas Hamdani, dirujuk ke rumah sakit dan Puskesmas.

Hamdani mengatakan pihaknya menerima informasi terkait warga keracunan makan Somai sekitar pukul 15.00 WIB, Kamis.

Kemudian pihaknya, (tim medis Puskesmas) bersama TNI/Polri dari Koramil dan Polsek setempat, serta tim BPBD dan tim Public Safety Center (PSC) Dinkes Aceh Timur, langsung turun ke lokasi.

Setiba di lokasi, ungkap Hamdani, warga sudah pada heboh, karena di sana tak ada sinyal selain itu kejadian tersebut tak pernah terjadi sebelumnya.
Jadi, jelas Hamdani, Kamis kemarin di sana ada hari pekan.

Kemudian warga membeli Somai yang dijual orang dari Aceh Utara.
Penjual Somai tersebut sebelumnya sudah sering berjualan Somai di desa tersebut.

Tak lama kemudian setelah makan Somai warga bertumbangan, karena mengalami muntah, mual, hingga lemas,” ungkap Hamdani.

Sebagian warga langsung memberikan pertolongan dengan memberikan susu kental manis untuk mengeluarkan sisa racun dari dalam tubuh.
Bidan setempat juga langsung memberikan pertolongan.

“Setiba kami di sana keadaan sangat panik. Kami langsung memberikan pertolongan, alhamdulillah semuanya tertangani dengan baik, beberapa orang yang mengalami gejala berat telah dirujuk ke rumah sakit, dan puskesmas terdekat,” ungkap Hamdani.

Kami juga konfirmasi dengan salah seorang Tim Medis dari Dinas Kesehatan Aceh Timur, dr. H. Zulfikry, menurutnya, setelah pihaknya dan Tim BPBD tiba di Desa Sarah Raja, puluhan pasien yang diduga keracunan tersebut telah mendapat penanganan pertolongan pertama dari pihak bidan desa setempat.

“10 orang yang kondisinya parah langsung saja dirujuk ke Puskesmas Simpang Ulim, Aceh Timur, dengan menggunakan ambulance PSC,” ujar dr Zulfikry.

Tambahnya pria yang akrap disapa dokter Ayi tersebut, satu orang dalam kondisi kritis telah dirujuk ke RSUD Zubir Mahmud Idi. “Sedangkan sembilan orang dirawat di Puskesmas Simpang Ulim dan yang lainnya sudah mulai sehat setelah mendapat pertolongan pertama dari bidan desa Sarah Raja,” pungkas dr. Ayi. ***(Ray)

 

admin

Next Post

Bupati dan Wabup Safari Jum'at Program Memaraq di Dusun Jambianom Tanjung

Sab Mar 20 , 2021
20 Maret 2021    Laporan : Tio AF   Bupati dan Wabup Safari Jum’at Program Memaraq di Dusun Jambianom Tanjung Lombok Utara (ANN), Humaspro Setda KLU – Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH menyelenggarakan kunjungan bertajuk Kegiatan Safari Jum’at dalam Program Memaraq dihadapan jama’ah Masjid  Silaturahim Dusun Jambianom Desa […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori