PK STN Sumbawa: Optimalkan Lahan Tidur, Mari Menanam Kelor

2 Oktober 2021

 

Laporan : Roni

 

PK STN Sumbawa: Optimalkan Lahan Tidur, Mari Menanam Kelor

 

Sumbawa (ANN) _ Daun kelor (Moringa oleifera) dikenal masyarakat dapat mengusir setan.

Terlepas dari mitos yang melekat, daun kelor sebenarnya kaya manfaat bagi kesehatan. Tak heran, bahan pangan satu ini disebut superfood.

Bahkan, Organisasi Pangan Dunia Food and Agriculture Organization (FAO) sempat memasukkan kelor sebagai Crop of the Month di tahun 2018.

Untuk diketahui kabupaten sumbawa sendiri memiliki ribuan hektar lahan tidur seperti yang ditulis dalam laman http://sumbawakab.go.id/ untuk itu Ketua Pimpinan Kabupaten Serikat Tani Nelayan Nurbani Saputra mengadakan gerakan menanam kelor.

Foto : Penyerahan bibit Kelor Berbaju merah, Nurbani Saputra (Ketua Pimpinan Kabupaten Serikat Tani Nelayan)

Di temui reporter di kediamannya di dusun jompong desa muer kecamatan plampang, Aktivis yang akrab disapa Bung Putra ini mengatakan sudah saatnya sekarang kita mengoptimalkan ribuan hektar lahan tidur tersebut, ribuan hektar lahan tersebut tidak harus kita tawarkan ke investor saja atau kita manfaatkan untuk jagung saja, ungkapnya.

Lebih dari itu, ribuan hektar lahan tersebut harus dimanfaatkan untuk tanaman yang kaya manfaat dan ramah lingkungan, tidak perlu menggunakan pupuk berlebih dan tidak perlu takut merusak unsur hara tanah dan salah satu tanaman tersebut adalah kelor.

Kelor bisa dimanfaatkan untuk banyak hal dan memiliki ragam produk turunan yang pastinya nanti akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, maka dari itu kami dari PK STN Sumbawa akan menggalakkan gerakan menanam kelor dan akan kami kawal sampai produk turunannya, pungkasnya. (Rn06)

admin

Next Post

DoJo PERKEMI Dan Pusat Latihan Senam Pagi Sehat BAPERA Kota Langsa Sukses Diresmikan

Ming Okt 3 , 2021
Laporan  : PO   DoJo PERKEMI Dan Pusat Latihan Senam Pagi Sehat BAPERA Kota Langsa Sukses Diresmikan   Kota Langsa. ANN | Nama Ormas Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) tentunya tak asing bagi Masyarakat Kota Langsa, terutama Masyarakat Kecamatan Langsa Baro. Bapera ini merupakan wadah tempat kumpulan Pemuda Pemudi kaum melenial […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori