16/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Penyuluh Anti Korupsi Aceh Ikut Apel Besar PAKSIAPI Didepan Gedung Merah Putih KPK

11 Desember 2022

 

 

  Laporan : Ita

Editor : Fauzi

 

Penyuluh Anti Korupsi Aceh Ikut Apel Besar PAKSIAPI Didepan Gedung Merah Putih KPK

 

Aceh Timur (ANN) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Apel Besar Temu Aksi Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangun Integritas (TAPAKSIAPI) 2022 di Gedung Merah Putih, Jakarta, Sabtu 10/12/22.

Ketua KPK Firli Bahuri bertindak sebagai pembina apel. Sementara bertugas sebagai pemimpin apel, Pegawai KPK sekaligus anggota Penyuluh Antikorupsi (PAKSI), Suci Raharjo.

Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada seluruh anggota PAKSI dan Ahli Pembangun Integritas (API) yang telah bekerja keras memberikan penyuluhan antikorupsi kepada masyarakat Indonesia. Pertemuan ini merupakan aksi positif yang dikemas di dalam tema ‘Bhinneka Tunggal Aksi’.

“Pertemuan ini menjadi penting karena kita memiliki kepentingan bersama, kepentingan bersama merupakan cita-cita luhur para pendiri bangsa”.

“Tema ini karena kita menyadari, kita tersebar dari Sabang sampai Merauke, mendiami lebih dari 17.504 pulau, terdiri dari pelbagai suku anak bangsa yang menyatukan kita di dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap Firli.

Firli berpesan di hadapan 507 orang anggota PAKSI dan API yang hadir, bahwa pertemuan ini harus diniatkan sebagai upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.’

KPK berharap PAKSI dan API bisa memberikan sumbangsih dan andil untuk mengajak semua anak bangsa, penyelenggara negara, pelaku usaha, pelaku ekonomi, tenaga pendidik, dan seluruh pemangku kepentingan untuk membangun budaya antikorupsi.

Pertemuan ini juga menjadi penting, karena sejatinya terdapat kepentingan bersama yang harus segera dikonsolidasikan, yaitu segera mewujudkan cita-cita negara sebagaimana diamanatkan di dalam Alinea Keempat UUD 1945, yaitu melindungi segenap bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Jikalau korupsi itu masih ada, kita tidak akan pernah mampu memajukan kesejahteraan umum. Jikalau korupsi itu ada, kita tidak akan pernah mencapai Indonesia cerdas, sejahtera, dan maju. Mari kita merapatkan barisan, menyatukan komitmen gerakan bersama Indonesia Pulih, Bersatu Berantas Korupsi,” katanya.

Sebagai perpanjangan mata dan tangan, hingga saat ini KPK telah mencetak 2.665 orang PAKSI dan 330 orang API. Mereka semua akan menjalankan kegiatan penyuluhan dan pembangunan sistem integritas dan siap untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK dan seluruh pemangku kepentingan.

Dalam acara Apel besar PAKSIAPI, Turut hadir ketua dan anggota Forum Ikatan Penyuluh Anti Korupsi (IPAK) Aceh, diantaranya;
Master kasad dari Langsa selaku ketua
Master Fauzi dari Aceh Timur,
Master Amrullah dari Aceh Besar
Master Darmuda dari Provinsi dan
Master Kariman Aceh Tenggara

Diantara mereka yang mewakili IPAK Aceh ada yang sudah hadir dari hari Jum’at 08/12/22 dan mengikuti pembukaan hakordia di hotel bidakara Jakarta.

Dalam Apel besar PAKSIAPI tahun 2022, Forum Penyuluh Antikorupsi se-Indonesia mendeklarasikan hal-hal sebagai berikut:
1. Sepakat membentuk Forum Penyuluh Antikorupsi Nasional berazaskan Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945
2. Mendukung pemerintah dalam upaya Pemberantasan korupsi
3. Siap untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak dalam upaya pemberantasan korupsi
4. Musyawarah Nasional dilaksanakan selambat-lambatnya bulan Juli tahun 2023
5. Hal-hal mengenai Forum Penyuluh Antikorupsi Nasional diatur lebih lanjut dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. (Ita)

About Post Author