Pentingnya Organisasi Guna Memperjelas Posisi Mahasiswa

01 Juli Mei 2021

 

Laporan : Roni

 

Pentingnya Organisasi Guna Memperjelas Posisi Mahasiswa

 

Sumbawa-(ANN) –  Organisasi secara umum merupakan sebuah wadah yg terorganisir, terstruktur dan memiliki tujuan, peranan organisasi di dalam Negara sangatlah penting dan peranannya pun terlihat sesuai dengan tujuan daripada organisasi itu dibentuk, Indonesia dengan jumlah organisasi yang sangatlah banyak memberikan peranannya masing – masing dan mampu memberikan pengaruh diberbagai sektor pada tatanan berbangsa dan bernegara (kehidupan Sosial dalam maupun luar negeri).

Begitupula pada sektor pendidikan wabilkhusus perguruan tinggi yang ada, gelar Mahasiswa yang dimiliki oleh pelajar yang menempuh perguruan tinggi SEHARUSNYA merupakan bentuk keseriusan seseorang untuk menimbah ilmu, Namun, perkembangan teknologi yang begitu pesat serta propaganda asing melalui virtual maupun non virtual membuat pendidikan di Indonesia dari pendidikan dasar hingga pendidikan di perguruan tinggi menjadi sangat liberal, mindset berpikir orang yang menerima pendidikan pun menjadi sangat liberal, sehingga sikap individual (ekonomi) tumbuh di dalam diri masing – masing orang, dan semakin tidak peka terhadap realitas sosial serta ketimpangan sosial yang ada.

Remaja/Mahasiswa hari ini pun tumbuh menjadi mahasiswa yang akan peduli dengan ketimpangan sosial apabila ketimpangan itu berdampak kepada dirinya atau hanya sekedar ikut – ikutan karena memang hal itu ramai diperbincangkan atau dilakukan. Perjuangan rakyat memanglah didasari oleh perjuangan ekonomi namun, bukan berarti kita dididik untuk menjadi pekerja ataupun pengusaha yang hanya tahu bahwa perduli dengan kehidupan sosial hanyalah cukup dengan memberikan sejumlah uang kepada panti asuhan, atau sekedar memberikan zakat, perlu ada kematangan ideologi (Pancasila) yang betul – betul tertanam.

Disinilah organisasi menunjukkan peranannya, walaupun pada dasarnya tidak semua organisasi memiliki tujuan yang sama, ada organisasi yang hanya dibentuk untuk menyatukan hobi, ada organisasi yang punya tujuan yang mungkin bisa saja berdampak buruk bagi orang banyak, disitulah kita harus pandai memilah. Peranan organisasi khususnya organisasi kemahasiswaan telah mampu menunjukkan realitas sosial serta ketimpangan sosial yang ada, sehingga tiga tujuan pendidikanpun tersalurkan kepada mahasiswa 1. Intelektual Quotien (IQ) 2. Emotional Quotien (EQ) 3. Spritual Quotien (SQ).

Disini saya mengutip kata presiden pertama Indonesia, yaitu :
“Jikalau ingin merusak suatu bangsa maka rusakkanlah pemudanya” Soekarno.

Mahasiswa/Remaja hari ini telah dihancurkan melalui virtual dan non virtual kurikulum yang ditawarkan pun disesuaikan dengan keinginan kaum Borjuis (kapitalisme) sehingga dapat mencetak generasi yang kira – kira dapat menjadi pekerja yang produktif untuk diri sendiri dan untuk para oligarki yang bercokol di bangsa ini, di dalam maupun luar Pemerintahan.

Organisasi Kemahasiswaan khususnya Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) merupakan organisasi yang memiliki kiprah bagi generasi bangsa ini, dengan memperjelas posisi Mahasiswa/Remaja sebagai generasi bangsa sudahlah menjadi tanggung jawab LMND, kecenderungan mahasiswa yang secara sadar maupun tidak sadar berpihak pada elite – elite borjuasi (oligarki), membuat Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) bergerak, dengan berbagai metode pendidikan yang kemudian dipraktekan dengan aksi – aksi bersifat progresif dan revolusioner serta turut menyikapi persoalan di berbagai sektor berbangsa dan bernegara.

Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dengan tujuan membangun persatuan nasional dengan konsep pengkaderan maupun non pengkaderan, serta melalui pendidikan yang tentunya ilmiah juga tidak meninggalkan religiusitas telah membuat warna tersendiri dalam sejarah pergerakan mahasiswa, runtuhnya rezim orde baru (orba) yang dikenal sebagai rezim yang sangat diktator yang berkorelasi sangat negatif tidak lepas dari kiprah LMND.

Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) merangkul seluruh elemen masyarakat dengan disiplin ilmu atau skil yang berbeda didalam satu wadah yang sama, untuk sama-sama menyatukan pandangan dalam menyikapi persoalan sosial wabilkhusus generasi penerus bangsa, mulai dari bagaimana mengubah mindset berpikir generasi bangsa sampai pada tujuan yang lebih besar yaitu, rakyat adil makmur.

Marilah bergabung bersama kami, mari satukan pandangan, mari ber-Inovasi, ber- Kreasi dengan skil dan disiplin ilmu masing – masing, mari berperan sebagai manusia.

Penulis Daulat Demokrat
Sekretaris Eksekutif Kota LIGA MAHASISWA NASIONAL untuk DEMOKRASI (EK LMND) Sumbawa
Wakil Ketua DPM IISBUD SAREA

Rn006

admin

Next Post

Upaya Maksimalkan Pencegahan Covid-19, Tim Gabungan Gelar Operasi Pendisiplinan Prokes.

Kam Jul 1 , 2021
01 Juli 2021   Laporan : 003/Saif   Upaya Maksimalkan Pencegahan Covid-19, Tim Gabungan Gelar Operasi Pendisiplinan Prokes.   Kota Bima (ANN) -Personil Gabungan TNI POLRI dan Sat Pol PP Kota Bima Gelar operasi pendisiplinan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan penyebaran virus corona. Selain melakukan penindakan, personil gabungan juga melakukan sosialisasi […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori