16/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

PC NWDI Kecamatan Utan Lestarikan Tradisi Barapan Kebo

20 Februari 2022

 

Laporan : Roni

 

PC NWDI Kecamatan Utan Lestarikan Tradisi Barapan Kebo

 

Sumbawa (ANN) | Minggu 20 Februari 2022 Di Dusun Koda Permai, Desa Jorok Kecamatan Utan di selenggarakan perhelatan Barapan Kebo, Lomba Balap Kerbau khas sumbawa ini berjalan meriah dengan peserta kurang lebih 300 orang yang datang dari penjuru desa kabupaten sumbawa dan kabupaten sumbawa barat.

Kegiatan yang disponsori juga oleh Bank NTB Syariah ini berlangsung meriah dengan hadiah yang cukup menarik, mulai dari satu ekor Kerbau, 3 Ekor Sapi, Kasur sampai Kain Sarung untuk pemenang dan peserta lomba.

Ditemui kontributor di lokasi, Ketua Pelaksana Kegiatan H. Musmulyadi yang akrab dengan sapaan Aji Mul mengatakan, ini merupakan kegiatan pertama kali yang kami adakan di kecamatan utan dan InsyaAllah akan rutin kami adakan karena hasil kegiatan ini juga akan kami sumbangkan juga untuk pembangunan masjid di Dusun Koda Permai ungkapnya.

Dalam acara yang diselenggarakan dengan prokes yang ketat tersebut juga di hadiri oleh Camat Utan, Kepala Desa Jorok, Kapolsek Utan dan Danramil Utan, sementara Ketua Umum Pimpinan Daerah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (PD NWDI) Sumbawa, Dea Guru Jamaluddin yang berhalangan hadir, diwakili oleh Ketua Bidang Sosial Pemberdayaan Pemuda NWDI Sumbawa, Satriawan Samokti, S.Sos ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sejatinya bentuk keyakinan kami bahwa adat istiadat tidak selalu bertentangan dengan agama bahkan mampu memberi kemanfaatan kepada ummat, hal ini juga merupakan cara khas pandang kami sebagai ormas dengan paham aswaja dimana ada sebuah kaidah fiqih “al-muhafadzah alal-qadim al-shalih wal-akhdzu bil-jadid al-ashlah” yakni “Melestarikan nilai-nilai lama yang baik dan menerapkan nilai-nilai baru yang lebih baik”. Tutupnya. (Rn06)

About Post Author