19/08/2022

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Oknum Masyarakat Idi Buang Sampah Sembarangan

04 April 2021

 

Laporan : Ozie

 

Oknum Masyarakat Idi Buang Sampah Sembarangan

IDI, Aceh Timur (ANN) – Sampah merupakan persoalan besar bagi kehidupan, apalagi jika sampah tidak dikelola dengan baik dan benar, tentu dapat merusak nilai estetika, dan mengancam derajat kesehatan.

Sampah juga sulit untuk dikendalikan, kecuali proaktif keikutsertaan semua pihak, termasuk seluruh komponen masyarakat. Tidak hanya kontributor sampah sendiri, tapi termasuk semua orang yang berada dalam lingkungan tertentu.

Pengelolaan sampah tidak sebatas hanya pada peraturan dan petugas yang dipekerjakan. Pengelolaan sampah butuh regulasi, yang mencakup semua kebijakan dan ketentuan dalam pengelolaan sampah.

Pengelolaan sampah juga perlu sosialisasi, baik terhadap elemen pemerintahan sendiri selaku pengelola, maupun seluruh elemen masyarakat. Dalam hal ini masyarakat sebagai kontributor.

Sosialisasi edukasi yang harus diterima masyarakat pun komplek, menyeluruh dari materi sampah itu sendiri, perilaku benar dalam mengendalikan sampah, dampak serta hasil positif dari sebuah penatalaksanaan sampah yang benar.

Kemudian dalam pengelolaan sampah juga perlu adanya evaluasi dan sanksi.
Karena masalah sampah melibatkan semua orang, dengan berbagai latarbelang sehingga perlu dilakukan evaluasi serta penetapan sangsi bagi masyarakat yang melanggar.

Fenomena yang kami temukan di sebuah tempat penampungan sementara sampah di wilayah kota kabupaten Aceh Timur, dimana pemerintah telah menyediakan tempat yang sangat layak dan petugas yang cukup, namun masih banyak tumpukan sampah di bibir jalan.

Sampah – sampah tidak dimasukkan kedalam tempatnya. Kontributor atau masyarakat yang meletakkannya tidak perduli dengan nilai estetika dan dampak buruk terhadap kesehatan dilingkungan TPS tersebut.

Masalah mendasar dari fenomena tersebut adalah sangat rendahnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah yang baik dan benar.
Tentunya perilaku demikian dilakukan pada malam hari saat lokasi sepi.

Kondisi tersebut kami abadikan pada pagi hari sabtu, 3/4/2021 sekitar jam 06.30 wib. Tidak mungkin mendeteksi siapa pelaku buang sampah sembarangan, kecuali dengan pengawasan CCTV.

Mudah mudahan pemerintah melalui dinas terkait lebih bersabar dalam menyikapi perilaku oknum masyarakat yang tidak proaktif terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan.

Dalam hal merubah perilaku oknum masyarakat yg membuang sampah sembarangan, sangat penting meningkatkan kapasitas penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat yang berpotensi membuang sampah ke TPS tersebut. *(Ozie)