Ngopi Bareng BUMD di Taman Genang Genis Lahirkan Rekomendasi

1 Oktober 2021

 

Laporan : Roni

 

Ngopi Bareng BUMD di Taman Genang Genis Lahirkan Rekomendasi

Sumbawa (ANN) | Paguyuban UMKM taman Genang genis bersama dengan WAG Taman Genang genis, sukses menyelenggarakan diskusi reguler yang ke 4 mereka, dengan tema; Ngopi Bareng BUMD “Perusda sabalong samawa dan Perum DAM Batu Lanteh Sebagai Pemasok PAD” pada tanggal 29 september yang lalu.

Kegiatan diskusi reguler ke 4 ini juga didukung oleh DRTV Sumbawa, pemuda NWDI Sumbawa, KNPI Sumbawa, LPPD dan SIT serta menghadirkan narasumber diantaranya Mila Rosalia (Dirut Perusda Sabalong Samawa), DR. Budi Prasetyo., S.sos., M.Ap. (Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BAPPEDA Sumbawa), DR. Dedy Heriwibowo (Kabid Perekonomian dan SDA BAPPEDA), Ahmadul Kosasi., SH. (ketua Fraksi Partai Golkar), Muhammad Berlian Rayes., S.Ag. (Ketua Komisi II DPRD Sumbawa), Juniardi Akhir Putra., ST., S.ST., M.Kom. (Direktur Perum DAM Batu Lanteh).

Ditemui reporter bung Syam Samawa Ketua Paguyuban UMKM Genang Genis mengatakan tema yang diangkat cukup menarik, karena berbicara bagaimana memaksimalkan PAD lewat BUMD yang dua ini selain dari BANK NTB Syariah dan Bank BPR Sumbawa dan cabang KSB. Yang mana kita ketahui bersama di situasi sulit ditengah pandemi kita bicara mengenai PAD karena bagaimana pun perlu juga di doronga civil society untuk ikut terlibat secara langsung mengawal BUMD ini, karena di satu sisi Perum DAM adalah menyangkut dengan pelayanan utama dan hak dasar masyarakat dan bicara perusda juga, seharusnya BUMD yg dua ini mampu menjawab tantangan zaman saat ini, apalagi masyarakat masih banyak yang mengeluhkan tentang pelayanan PDAM, paling tidak lewat kegiatan ini kami dan masyarakat pun tau tentang persoalan sebenarnya dan lewat kegiatan ini juga paling tidak menghasilkan suatu solusi dan ide baru bagi kemajuan kedua BUMD ini sebagai pemasok PAD. Ujarnya

Bung Syam sapaan akrabnya juga mengatakan diskusi tema ini semata mata lahir dari diskusi WA Grup Taman Genang Genis sebagai wadah mengimplementasikan suatu ide dan gagasan konstruktif bagi kemajuan bersama dan khususnya kemajuan TANA samawa ini, perlu juga di ketahui bahwa diskusi reguler yang rutin di lakukan di kerjakan dengan sistem gotong royong anggota WAG TGG dengan paguyuban UMKM TGG dengan mengumpulkan uang masing masing sesuai kemampuannya dan benar benar mandiru maka diadakanlah diskusi seperti ini tanpa harus menunggu dan apa lagi membebankan pemerintah dengan anggaran. Tutupnya.

Adapun kegiatan ngopi bareng ini melahirkan beberapa rekomendasi:

1. Perusda siap melebarkan sayapnya kepada usaha-usaha yang lebih makro dan kreatif

2. PDAM segera membangun infrastruktur utk sumber air baku. Dari situlah satu-satunya pendapatan PDAM bisa bertambah utk bisa menjadi pemasok PAD.

3. DPRD segera menganggarkan kepada ke dua lembaga tersebut yaitu 10 M utk PDAM dan 4,8 M utk perusda. Serta berupaya utk mengusulkan perda insiatif dalam rangka membantu masyarakat hulu agar wilayah sumber air tsb bisa terjaga dari aktivitas yang merusak lingkungan.

4. Eksekutif siap mendukung aspek kemitraan bagi dua lembaga tersebut ke lembaga2 lain agar orientasinya dapat terwujud.

Di akhir kegiatan Host dan Moderator serta para peserta diskusi bersepakat bahwa setiap rekomendasi akan terus kita kawal secara bersama agar apa yang kita hajatkan terwujud. (Rn06)

admin

Next Post

Akhirnya, Labelisasi KPM PKH Dipasang

Jum Okt 1 , 2021
1 Oktober 2021   Laporan : Tio.Af   Akhirnya, Labelisasi KPM PKH Dipasang Lombok Utara (ANN) | Setelah lama direncanakan, Pemda KLU akhirnya memasang stiker labelisasi Program Keluarga Harapan di rumah-rumah warga penerima manfaat. Kegiatan labelisasi itu secara simbolis dipasang Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH yang diawali dari Dusun […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori