MIN 2 Aceh Timur Beri Penghargaan Guru Dan Siswa Berprestasi

19 Juni 2021

 

 

  Laporan : Ray

 

MIN 2 Aceh Timur Beri Penghargaan Guru Dan Siswa Berprestasi

 

ANN._Aceh Timur – Sebagai sebuah bentuk pencapaian kinerja baik dalam praktik belajar maupun mendidik, setiap kegiatan yang dilalui pastinya memiliki banyak proses yang harus dijalani untuk menjadi salah satu yang terbaik dari yang terbaik.

Hal tersebutlah yang coba diapresiasikan oleh MIN 2 Aceh Timur dalam memberikan penghargaan terhadap pencapaian yang telah diraih dalam setiap proses pembelajaran oleh guru maupun siswa, terutama dalam masa pandemi yang penuh dengan keterbatasan.

Dalam suasana pandemi, MIN 2 Aceh Timur menyelenggarakan hari Pembagian Laporan Hasil Belajar (Raport) siwa-siswa MIN 2 Aceh Timur dengan mengedepankan Prokres standar Covid19.

kegiatan pembagian raport diselenggarakan pada Sabtu tanggal 19 Juni 2021 bertempat di perkarangan MIN 2 Aceh Timur.

Pembagian raport kali ini terasa berbeda dengan pembagian raport yang telah sering diselenggarakan oleh MIN 2 Aceh Timur sebelumnya.

Kegiatan kali ini berfokus kepada peningkatan hasil, berupa prestasi akademik serta prestasi proses yang bisa ditandai dengan kuantitas dan kualitas dalam pencapaian hasil belajar yang diharapkan.

Foto : Wali Kelas VIa Raiyan Azmi, S.Pd.I saat menerima penghargaan

MIN 2 Aceh Timur mencoba memberikan motivasi dan semangat berkarya dan berkreasi dalam setiap kegiatan belajar, baik secara tatap muka maupun secara daring yang sangat erat penerapannya dalam masa pandemi covid19 melalui pemberian penghargaan.

Adapun aspek yang dinilai meiputi katagori pencapaian akademik siswa berupa peringkat satu sampai dengan tiga untuk Setiap Rombongan Belajar, Katagori Bacaan Al-Qur’an dan Praktek yang dilakukan siswa.

Yang menjadi kontras dalam pembagian raport kali ini adalah Pemberian Penghargaan Berupa Trofi (Piala) kepada Guru dengan pemanfaatan media belajar terbaik, yang diraih oleh Hijrah Saputra, S.Pd.

Hijrah Saputra, S.Pd. adalah salah satu guru teladan MIN 2 Aceh Timur, yang merupakan lulusan formasi pengadaan ASN Kemenag Tahun 2019, beliau juga merupakan salah satu guru PAI yang telah mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, termasuk diklat pengembangan diri, serta telah menerapkannya dalam proses belajar mengajar yang dialakukannya di MIN 2 Aceh Timur.

Disamping itu penghargaan juga diberikan kepada Katagori Kelas Terbaik dengan Administrasi Kelas Terlengkap yang diraih oleh wali kelas 1 yaitu Cut Meutia, S.Pd, serta kepada Katagori Terbaik dengan Kreatifitas Kelas Terbaik yang diraih oleh wali kelas VIa yaitu Raiyan Azmi, S.Pd.I yang juga merupakan guru berprestasi, serta aktif dalam beberapa organisasi guru, dan posisinya sebagai Ketua Kelompok Kerja Guru Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (KKG MI) Kabupaten Aceh Timur 20.

Kepala MIN 2 Aceh Timur, Erni, S.Pd. dalam sambutannya mengharapkan penghargaan ini agar dapat memotivasi warga madrasah khususnya MIN 2 Aceh Timur untuk menjadi lebih aktif, kreatif dan efektif dalam meningkatkan prestasi diri, baik dalam pengembangan proses mengajar maupun dalam pemanfaatan media pendukung yang dapat menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang terbaik.

Erni, S.Pd juga menambahkan bahwa penghargaan ini tidak mutlak diberikan kepada orang-orang tertentu, namun semua berkesempatan membuktikan diri untuk menjadi yang terbaik, tentunya dengan jiwa sportivitas yang tinggi serta tekad untuk memajukan dunia pendidikan ke arah yang lebih baik.

Raiyan Azmi, S.Pd.I yang merupakan Wali Kelas VIa menerangkan bahwa penghargaan yang diterima kelasnya semata – mata merupakan hasil dari kerja kooperatif efektif yang diberikan oleh dewan guru dan partisipasi aktif dari siswa-siswi kelas VIa.

Hal inilah yang memberikan dorongan positif dalam karya dan prestasi yang bisa dihasilkan baik oleh pendidik maupun siswa-siswi itu sendiri. lanjut Raiyan.

Perlu diketahui bahwa MIN 2 Aceh Timur yang terletak di Desa Blang Uyok Kecamatan Julob Kabupaten Aceh Timur, merupakan Madrasah yang menghasilkan lulusan berprestasi, dimana pada tahun – tahun sebelumnya pernah menghasilkan juara Tahfidz, Pidato dan lomba-lomba lainnya, tentunya hal ini tidak terlepas dari usaha dewan guru MIN 2 Aceh Timur yang Aktif, Kreatif dan Efektif serta berjiwa inovatif.

MIN 2 Aceh Timur saat ini sedang mempersiapkan diri untuk berpartisipasi dalam ajang Kompetensi Sains Madarasah dan Young Researcher Camp yang rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. (Ray)

admin

Next Post

Sat PolPP Kota Bima Bantu Galang Dana dan Open Donasi Untuk Korban Selamat Dalam Kecelakaan Maut kemarin

Sel Jun 22 , 2021
21 Juni 2021   Laporan : 003/Saif   Sat PolPP Kota Bima Bantu Galang Dana dan Open Donasi Untuk Korban Selamat Dalam Kecelakaan Maut kemarin   Kota Bima (ANN) – Satuan Pamong Praja (SatPolPP) Kota Bima peduli pada anak anggota Almarhum supriadin yang meninggal bersama istri dan mertua dalam kecelakaan […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori