18/05/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Gambar: Tgk. Syafi'i Risman penceramah dan juga guru aktif di Pesantren Sabilus Salan Almunawarah Sungai Lueng

Mengawal Diri Dari Sifat Marah, Tgk. Syafi’i : Perbanyak Mempelajari Kitab

23 Desember 2022

Laporan PO.

 

Mengawal Diri Dari Sifat Marah, Tgk. Syafi’i : Perbanyak Mempelajari Kitab.

 

 

Gambar: Tgk. Syafi’i Risman penceramah dan juga guru aktif di Pesantren Sabilus Salan Almunawarah Sungai Lueng

Langsa (ANN) | Mampu mengawal emosi yang dapat menimbulkan amarah seseorang itu adalah dikarenakan kurangnya keinginan kita mempelajari kitab kitab yang mengandung pelajaran yang sangat berguna bagi kita khususnya kitab Tasauf.

Khatib yang mengisi ceramah pada jum’at 23/12/22, kali ini disampaikan oleh Tgk. Stafi’i Risman, dinana beliau juga seorang guru di Dayah (pesantren) Sabilus Salam Almunawwarah Sungai Lueng, Langsa Tinur, Kota langsa.

Beliau menjelaskan dalam ceramah atau tausiah singkatnya sempat menjelaskan ucapan rasul terkait kefatalan seseorang jika tidak dapat mengawal emosi atau marah.

Dalam hadits Rasulillah SAW bersabda “Tidaklah marah seseorg kecuali hampir dia dari neraka jahanam” Ucap Tgk. Syafi’i.

Gambar : Sebahagian jema’ah jum’at Masjid Jami’ Nurul Iman Dusun Utama. Pb Seulemak Langsa.

Salah satu cara agar kita dapat menahan amarah maka kita hendaklah perbanyak mengaji kitab kitab yang dapat mengajarkan kita untuk dapat mengawal atau mengendali emosi atau amarah seperti kitab tasauf yang banyak mengandung pelajaran melatihkan diri dalam melatih diri agar mampu mengendalikan diri kita dari sifat yang dapat membangkitkan amarah.

Kemampuan mengawal diri kita harus memiliki sifat halim yakni sifat yang mampu mengawal diri dari amarah yang kemudian membangkitkan emosional kita. (Redaksi)

About Post Author