KKG PAI MI Aceh Besar Gelar Pelatihan Dupak Bagi Guru Pemula Angkatan 1

06 Maret  2021

 

 Laporan  : RB

 

KKG PAI MI Aceh Besar Gelar Pelatihan Dupak Bagi Guru Pemula Angkatan 1

Aceh Besar (ANN) – Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Madrasah Ibtidaiyah Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar menggelar Kegiatan Pelatihan DUPAK Angkatan 1 bagi guru pemula.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu 06 Maret 2021 di Aula Taufiq Kopi Lambaro Aceh Besar Tersebut diikuti 40 peserta yang terdiri dari guru pemula mata pelajaran PAI dan Guru kelas serta guru mapel Lainnya di tingkat Ibtidaiyah.

Ketua penyelenggara, M. Khanif Asmara S.Hi, yang juga selaku sekjend KKG PAI MI Aceh Besar melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai respon keorganisasian, sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam
menyusun DUPAK (Daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit) sebagai wujud kinerja jabatan guru.

Dilanjutkan dia, pelatihan tersebut dilakukan dengan metode luring (luar jaringan) atau tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pelatihan yang hanya kami batasi bagi 40 orang peserta pada sesi pertama ini menghadirkan Trainer langsung dari pengurus KKG PAI MI Aceh Besar, yaitu Nurhafizah S.Pd.I MA dan Irhamni S.Pd.I, yang dibimbing langsung hingga tuntas” Ucapnya.

Sementara itu, Rifki S.Ag selaku ketua KKG PAI MI Aceh Besar, mengatakan bahwa selain sebagai bekal kompetensi guru, bimbingan dan pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi dan pemahaman guru dalam menyusun DUPAK sebagai wujud pentingnya pembekalan kemampuan guru dengan melalui pelatihan langsung untuk meningkatkan kompetensi dan berkompetisi di era revolusi industri 4.0.

“Sebagaimana jabatan fungsional guru adalah melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan formal. Sedangkan angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya,“ kata Rifki

Lebih lanjut Rifki berharap, agar nantinya peserta bimbingan dan pelatihan tidak hanya mendengarkan keterangan dari narasumber saja, tetapi mereka diminta untuk praktek langsung menghitung angka kredit sebagai guru. Sehingga guru paham tentang AKK ( Angka Kredit Kumulatif) sesuai dengan pangkat golongan ruang, AKPKB (Angka Kredit Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan), serta AKP (Angka Kredit Tahunan). Dalam kegiatan bimbingan dan pelatihan ini, peserta sangat antusias mencoba praktek penyusunan Dupak dengan berbekal PAK terakhir serta dokumen pendukung yang lain.

Sementara itu, Melalui Laporan Pemberitahuan pengurus, kegiatan ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, H. Abrar Zym S.Ag,.MH, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Suryadi,.S.Ag., Pengurus K2M MI Aceh Besar dan Seluruh Kepala Madrasah dan Pengurus KKG PAI MI di Lingkungana Kankemenag Aceh Besar.

“Besar harapan kami, program ini sapat berlanjut ke sesi berikutnya, dengan model pelatihan dan kegiatan lain yang tentu dapat meningkatkan kompetensi guru, insyaallah menjadi solusi guru hebat menuju madrasah bermatabat” Tutup Rifki. ***(RB)

admin

Next Post

Pusat Kebugaran Mj’Studio Lombok Utara Mengadakan Pelatihan Senam Baku  Kebugaran Lansia & Pra Lansia Indonesia (KLPI) Yang Pertama di Lombok Utara.

Ming Mar 7 , 2021
08 Maret 2021   Laporan : PO   Pusat Kebugaran Mj’Studio Lombok Utara Mengadakan Pelatihan Senam Baku  Kebugaran Lansia & Pra Lansia Indonesia (KLPI) Yang Pertama di Lombok Utara. Tanjung.KLU (ANN)-Pusat kebugaran Mj’studio Lombok Utara megadakan pelatihan senam kebugaran Lansia & pra lansia Indonesia, untuk Para Instruktur senam (07/03/2021), Perwakilan […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori