20/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

*Kepala Bappenas : Perbaikan Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi*

16 Maret 2021

 

Laporan Syamsuddin  

*Kepala Bappenas : Perbaikan Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi*

ANN – Menteri PPN/Kepala Bappenas memberikan pidato kunci dalam “Webinar _Improving Knowledge and Innovation Ecosystem for a Better Indonesia_”. Acara tersebut dilaksanakan pada, Selasa, 16 Maret 2021.

Dalam webinar tersebut Menteri menyoroti 3 hal utama yang perlu dilakukan agar perbaikan ekosistem pengetahuan dan inovasi dapat segera terwujud, yaitu:

1. Memastikan bahwa sejumlah strategi prioritas dalam Cetak Biru EPI diwadahi dalam RKP 2022. Hal ini perlu dilakukan oleh seluruh jajaran pemerintah terkait dan Bappenas akan mengawal prosesnya;

2. Memastikan bahwa Cetak Biru EPI juga terintegrasi ke dalam RPJPN 2025 – 2045; dan

3. Memastikan tersusunnya strategi implementasi, monitoring dan evaluasi Cetak Biru EPI dan memastikan proses diskusi multilateral berjalan dengan baik dan efektif.

“Peran Bappenas, selain sebagai _clearing house_ kebijakan pembangunan nasional, juga untuk memastikan bahwa semua elemen ekosistem pengetahuan dan inovasi dapat berkontribusi dengan lebih optimal untuk mendukung terwujudnya kesejahteraan Bersama,” ucap Menteri.

Menteri juga menjelaskan bahwa Bappenas akan terus mengawal kualitas kebijakan publik termasuk di dalamnya yang dihasilkan melalui proses perencanaan yang semakin baik dengan berbasis pada pendekatan tematik, holistik, integratif, dan spasial.

“Bappenas juga akan mengawal kolaborasi dan intensitas kerja sama penyediaan bukti dan analisis untuk perencanaan dan kebijakan publik yang lebih baik,” imbuhnya.

Menutup pidatonya, Menteri menegaskan bahwa Bappenas akan mendukung Kemenristek mengawal implementasi Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi.

“Sebagai penutup, Bappenas akan mendukung Kemenristek/ BRIN dalam mengawal implementasi Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi. Bappenas juga akan mengambil peran aktif dalam memastikan peran pengetahuan untuk kebijakan publik benar-benar terwujud,” tutup Menteri.

Selasa, 16 Maret 2021
*Tim Komunikasi Publik*
Kementerian PPN/Bappenas
Https://linktr.ee/suharsomonoarfa

Follow:
Instagram Menteri PPN: @suharsomonoarfa
Twitter Menteri PPN: @Suharso_M
Fanpage Menteri PPN: Suharso Monoarfa

About Post Author