Kakek Subiyanto, Lansia Terlantar di Aceh Timur Telah Tiba di Palembang

24 September 2021

 

 

  Laporan : Ray

 

Kakek Subiyanto, Lansia Terlantar di Aceh Timur Telah Tiba di Palembang

ANN | Aceh Timur – Seorang kakek ditemukan di Gampong (Desa) Punti Payong Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, diduga asal Palembang, Subiyanto, pria berusia 63 tahun tersebut kini telah diantar dan diserahkan ke pihak keluarganya melalui Dinas Sosial Sulawesi Selatan di Palembang.

Pria kelahiran 12 September 1958 itu awalnya terlihat di Kota Idi, Aceh Timur, akhir Agustus lalu. Kemudian, pria Lansia tersebut bergerak ke arah Ranto Peureulak. Warga yang melihat pria tersebut, lalu menanyakan tujuan bepergian dan identitas, namun tidak memiliki identitas.

Camat Ranto Peureulak (RTP) Aceh Timur Mukhtardin S.Sos, MAP, menyampaikan ditemukan seorang kakek (70) di warung kopi (warkop) Dusun Dndong 3 Desa Punti Payong kondisi sangat memperhatikan ditemui warga setempat tampa ada Indentitas.

“Saya berkoordinasi dengan TKSK Ranto Peureulak dan Keuchik Punti Payong untuk memastikan ditemukanya kakek menyebut asal Palembang dan berlogat daerah lain,” kata Mukhtardin, Sabtu, (4/9/2021).

“Lalu masyarakat bersama Muspika berkoordinasi dengan Dinas Sosial Aceh Timur dan memutuskan untuk menitipkannya ke UPTD Ayeum Mata di Peureulak Barat,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh Timur, Ir Elfiandi.

Mengingat pria tersebut tidak memiliki identitas dan susah berkomunikasi, lalu fotonya dikirimkan ke berbagai media sosial (Medsos), termasuk grup medsos seperti WhatsApp dan facebook Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) se-Indonesia, sejak awal September.

Setelah beberapa hari kemudian, lanjut Elfiandi, akhirnya Lansia yang terlantar ini alamatnya di Jalan Makam 10/2 Sukodadi, Kota Palembang. Lalu pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial Aceh di Banda Aceh guna ditindaklanjuti ke Paguyuban Aceh – Palembang di Banda Aceh.

“Setelah alamat kakek ini ditemukan, lalu kita melalui TKSK Ranto Peureulak, memutuskan untuk mengantar kakek ini ke Palembang, Selasa (14/9). Pemberangkatan melalui jalur darat menggunakan bus angkutan umum dan kita melepasnya di Terminal Langsa,” jelas Elfiandi.

Berdasarkan hasil laporan yang diterima pihaknya, Subiyanto telah tiba di rumahnya dan diserahkan ke pihak keluarga didampingi Dinas Sosial Sumatera Selatan. “Setelah menempuh perjalanan darat beberapa hari, akhirnya kakek yang terlantar ini tiba di Pelembang, Senin (20/9),” terang Elfiandi.

Dia mengapresiasi semua pihak yang telah membantu memulangkan pria asal Pelambang untuk bertemu keluarga, baik Dinas Sosial Aceh, Paguyuban Palembang di Banda Aceh, Dinas Sosial Aceh, Dinas Sosial Sumatera Selatan, unsur Muspika, masyarakat dan pihak keluarga.

Tiba di Palembang, TKSK Ranto Peureulak, Rivana, menyerahkan pria lansia Subiyanto, kepada pihak keluarganya, Sudarsono, disaksikan Kabid Rehabsos Dinas Sosial Sumatera Selatan, Dian Saputra S.SIT, M.Si, dan Pendamping Lansia, Akbar, di Dinas Sosial Sumatera Selatan. (Ray)

admin

Next Post

Berawal Dari Perkarangan Rumah, Kini Sipengusaha Muda Gilang Kharisma Mantap Buka Wisata Kulinernya Berbasis Cafe. Gilang : " Edukasi Kopi Adalah Lahir Dari Sebuah Inspirasi Saya."

Jum Sep 24 , 2021
25 September 2021   Laporan : Suroto Editor : PO Camera Man : EF   Berawal Dari Perkarangan Rumah, Kini Sipengusaha Muda Gilang Kharisma Mantap Buka Wisata Kulinernya Berbasis Cafe. Gilang : ” Edukasi Kopi Adalah Lahir Dari Sebuah Inspirasi.”   Kota Langsa (ANN) – Selain terkenal dengan Kota Adipura, […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori