KaKankemenag Dan Kadis Pendidikan Aceh Timur Buka Pentas Pendidikan Agama Islam

29 Oktober 2021

 

 

  Laporan : Ray

 

KaKankemenag Dan Kadis Pendidikan Aceh Timur Buka Pentas Pendidikan Agama Islam

IDI (ANN) – Ratusan perwakilan siswa/i SD – SMP di Aceh Timur mengikuti pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur dan kolaborasi dengan Kemenag setempat yang di pusatkan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1(SMPN 1) Idi Rayeuk pada Kamis (28/10/21).

Ketua Panitia, Saiful Bahri, S.Pd, M.Pd., mengatakan bahwa pentas PAI dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dan bekerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur dengan Kemenag.

Saiful Bahri, yang juga merupakan Kasi pendidikan Agama Islam di kemenag Aceh Timur berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana aktualisasi diri bagi peserta didik dalam hal pendalaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam.

“Pentas PAI merupakan Agenda Rutin Kemenag, kita berkolaborasi juga dengan Cabang Dinas Pendidikan Aceh (Cabdin) dalam mensukseskan kegiatan ini, Kegiatan-kegiatan dalam Pentas PAI ini diharapkan mampu menumbuhkan minat dan niat yang kuat untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama, serta menampilkannya dalam sikap keseharian siswa yang
berakhlakul karimah,” ujarnya.

Keterampilan dan seni yang menjadi inti pentas PAI, juga diharapkan nantinya mampu mendekatkan seni sebagai wahana yang efektif dalam memberikan pemahaman dan penghayatan ajaran agama sehingga lebih mudah merasuk ke hati anak-anak.

“Nilai-nilai agama yang akan lebih mudah dijangkau dengan mengemas melalui seni yang sesuai dengan perkembangan jiwa dan psikologis mereka,” tuturnya.

“Untuk para peserta agar tetap bersemangat, dan tetap menjaga protokol kesehatan,” pungkas Saiful Basri.

Sementara itu, H.Salman, S.Pd, M.Ag Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur, menyebutkan lomba pentas PAI tingkat Kabupaten Aceh timur tahun 2021 yang
diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kemenag Aceh Timur didukung oleh Pemkab Aceh Timur.

“Selain bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT, juga dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik terhadap nilai-nilai ajaran Islam, sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Melalui kegiatan yang melibatkan peserta siswi, SMP, se-Kabupaten Aceh Timur yang membuka ini, berharap dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bersemangat untuk mempelajari dan mencintai PAI.

Adapun Pentas yang di perlombakan ialah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Seni Nasyid (LSN), Lomba Debat PAI (LDP), Lomba Kreasi Busana (LKB). (Ray)

admin

Next Post

Dr. Suriyanto, PD, ready to lead the Nusantara Party

Jum Okt 29 , 2021
October 29th, 2021     Translated by : PO Source of News : strateginews.co Release Dr. Suriyanto, PD, ready to lead the Nusantara Party Jakarta (ANN) – Chairman of the Central Executive Board of the Nusantara Party, Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M, Kn, are ready to lead the Nusantara […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori