05/02/2023

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Kadis Kes Aceh Timur Turun Mengawasi, Vaksinasi Polio Mencapai 95,1 %.

3 Januari 2022

 

 

  Laporan : Ita

Editor : Fauzi

 

Kadis Kes Aceh Timur Turun Mengawasi, Vaksinasi Polio Mencapai 95,1 %.

 

Aceh Timur (ANN) – Dinas Kesehatan Aceh Timur telah berhasil mencapai 105.436 atau 95,1% vaksinasi Volio anak Aceh Timur.

Keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama seluruh pihak, yaitu Puskesmas, Kecamatan, Gampong, Sekolah, Dinas Kesehatan, dan lintas sektor kedinasan di Aceh Timur, meliputi Dinas Pendidikan, kantor departemen Agama, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana, Kementerian Kesehatan serta UNICEF dan WHO.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, Sahminan, SKM.,M.Kes. menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang sudah terlibat.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat, tenaga kesehatan, guru, jajaran muspika kecamatan, geuchik, serta pihak-pihak lainnya yang turut mendukung seperti lintas sektor dinas di Aceh Timur, Dinas Kesehatan Aceh, UNICEF, WHO, dan Kemenkes.”

“Mudah mudahan berkat upaya kita, anak – anak dan generasi masa depan Aceh Timur dapat terhindar dari ancaman volio dan kecacatan.”lanjut pak Kadiskes.

Kemudian, dr. Sondang Bandayani, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Timur, menyampaikan rasa harunya atas tercapainya target 95% tetes manis polio di Aceh Timur. “Saya merasakan betul perjuangan semua pihak dalam menyukseskan tetes manis polio massal ini, terutama tenaga kesehatan di Puskesmas yang terus berkoordinasi dengan kami di Dinas Kesehatan setiap harinya.

Hari ini kita telah membuktikan komitmen penuh masyarakat Aceh Timur dalam memastikan anak tumbuh sehat dan terlindung dari sakit Polio”, Tambahnya.

 

Camat Idi Timur, menyampaikan, kolaborasi nyata antara pihak kecamatan dan puskesmas turun langsung ke desa bersama merupakan kunci keberhasilan tetes manis polio di wilayahnya. “Turun langsung ke Desa saat penyisiran (sweeping) bersama-sama antara pihak kecamatan dan puskesmas terbukti meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mau anaknya diberikan tetes polio”, Tegasnya.

Kepala UNICEF Perwakilan Aceh, Andi Yoga Tama, turut mengapresiasi keberhasilan Aceh Timur dalam pemberian tetes manis polio massal ini. “Keberhasilan Aceh Timur dalam pemberian tetes manis polio massal ini sangat menentukan keberhasilan Aceh secara umum. Bayangkan, 110.811 anak Aceh yang harus diberikan tetes polio berada di Aceh Timur. Terimakasih telah ikut memastikan anak di Aceh tumbuh sehat dan terlindung dari bahaya sakit Polio”

Program Tetes Manis Polio Massal di Aceh atau biasa disebut Sub-Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Aceh merupakan program pemberian imunisasi tambahan polio sebagai respons ditemukannya anak lumpuh layu akibat Polio di Kabupaten Pidie. Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak Aceh dari bahaya sakit Polio secara luas dan dalam waktu singkat.

Program ini dilaksanakan dalam dua putaran, yaitu putaran pertama di akhir bulan Desember 2022 yang saat ini sudah berlangsung dan putaran kedua yang akan diselenggarakan di bulan Januari 2023. Mari sukseskan Tetes Manis Polio di Aceh agar anak Aceh sehat dan terhindar dari sakit lumpuh layu akibat Polio. (Ita)

 

About Post Author