29/03/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Jelang Peringati 18 th Tsunami Aceh, TDMRC dan Magister Ilmu Kebencanaan USK gelar Seminar dan Lomba Video Kreatif

Banda Aceh, 14/12/2022. Dalam rangka memperingati 18 tahun tsunami Aceh, TDMRC USK dan Magister Ilmu Kebencanaan menggelar seminar dan lomba Video Kreatif. Seminar dengan tema “Membangun Kesiapsiagaan Masyarakat Pasca 18 Tahun Tsunami Aceh melalui Transfer Pengetahuan dan Pengalaman dalam Menghadapi Bencana” akan mendatangkan narasumber yang berkompeten di bidang kebencanaan, diantaranya Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kuriawan, S.T.,M.Si, Kalak BPBA Dr.Ilyas,M.P, peneliti TDMRC Dr.Saumi Syahreza sebagai Koordinator survey Banjir Tamiang dan Dr.Yunita Idris sebagai Koordinator survey Gempa Cianjur.

Selain itu, Ketua Fastana TDMRC juga akan berbagi pengalaman mengenai peran pemuda dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana. Masing-masing narasumber akan memaparkan pembelajaran penting terkait bencana yang belakangan terjadi di Indonesia.

Kegiatan akan dilaksanakan secara Hybrid, langsung dari Gedung TDMRC USK pada tanggal 24 Desember mendatang. Peserta diluar undangan dapat berhadir melalui ruang zoom dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada link s.id/SEMINAR18TAHUNTSUNAMI.

Lomba Video Kreatif bertema “Mitigasi Tsunami” untuk siswa SMA SMP. Lomba ini dapat diikuti oleh individu maupun kelompok (maksimal 3 orang), dan akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah.

Selain itu, kegiatan yang bekerjasama dengan Fastana TDMRC dan Hibeuna MIK-USK ini juga mengadakan lomba Video Kreatif bertema “Mitigasi Tsunami” untuk siswa SMA SMP. Lomba ini dapat diikuti oleh individu maupun kelompok (maksimal 3 orang), dan akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Pendaftaran lomba sudah dibuka sejak 11 Desember dan akan di tutup tanggal 23 Desember mendatang, pendaftaran dapat dilakukan melalui link s.id/VideoMitigasiTsunami.

Prof. Syamsidik selaku Kepala UPT Mitigasi Bencana/TDMRC-USK menyatakan bahwa, 18 tahun tsunami Aceh perlu menjadi pengingat dan penyemangat kita semua agar senantiasa membangun kesiapsiagaan terhadap bencana. Peran generasi muda menjadi salah satu titik penting memastikan keberlanjutan pelajaran dalam membangun ketangguhan terhadap bencana.

About Post Author