Jalan Dusun Menuju Enam Sekolah Digenangi Limbah, Diharapkan Perhatian Pemerintah Gampong

22  Februari  2021

 

Laporan : Ray

 

Jalan Dusun Menuju Enam Sekolah Digenangi Limbah, Diharapkan Perhatian Pemerintah Gampong

Idi, Aceh Timur – (ANN) -Sangat merusak pemandangan dan mengganggu pengguna jalan ketika air limbah hasil dari cucian di alirkan ke jalan. Ini terjadi di jalan lintas menuju Sekolah dan Madrasah didesa gampong Jalan kecamatan Idi Rayeuk.

Jalan tersebut kerap digunakan setiap hari oleh anak – anak sekolah dan warga dusun dulhok yang tinggal di sekitar sekolah. Ada enam Sekolah yg diakses melalui jalan tersebut yaitu mulai dari PAUD, TK, MIS, MTsN, MAN, dan SMK.

Setiap hari senin sampai hari sabtu jalan selalu padat dilalui guru, siswa, dan wali murid yg mengantar siswa, sehingga saat ada air limbah cucian di jalan, sangatlah menggangu, dan terkadang mengeluarkan bau, hingga pengguna jalan merasa jijik.

Saat kami konfirmasi pemilik rumah (pak J), beliau mengatakan bahwa air tersebut sudah dialiri kejalan sekitar setahun, beliau berharap desa dapat segera membangun parit jalan atau saluran air sebagaimana jalan induk lain di desa gampong jalan.

Hasil pantauan kami, memang jalan induk dusun dulhok yg juga merupakan jalan akses menuju sekolah belum dibuatkan parit jalan, sementara di beberapa ruas jalan didalam sudah ada, bahkan ada yg sudah dibuat parit kiri dan kanan jalan.

Padahal parit jalan merupakan kebutuhan yg perlu diprioritaskan secara merata dalam pembangunan desa, belum lagi saat musim hujan, salah satu rumah warga lain selalu digenangi air, kadang – kadang sampai beberapa hari halaman rumahnya digenangi air.

Pak J juga mengatan kalau beliau sudah menetap disitu sejak tahun 2010, dan baru mengaliri limbah kejalan dalam setahun ini, sebelumnya beliau mengupayakan dengan membuat sumur penampung sementara, harap desa membuatkan parit jalan sebagaimana desa – desa lain pada umumnya.

Kami konfirmasikan hal tersebut pada geusyik gampong jalan, dan beliau mengatakan bahwa untuk sementara desa belum bisa menanggapi kapan bisa dibuatkan parit jalan di jalan utama dusun dulhok dikarenakan keadaan dana desa yg belum stabil akibat wabah pandemi.

Geusyik juga menambahkan, akan sangat berterimakasih jika pihak pemerintah daerah mau membantu pembangunan parit dijalan utama dusun dulhok desa gampong jalan dibawah pimpinannya, yg juga merupakan jalan lintas menuju enam sekolah yaitu sekolah usia dini, madrasah, dan sekolah kejuruan. ** (Ray)

admin

Next Post

 PAN Aceh Gelar MUSDA Bersama Via Daring. Zulkifli Hasan juga meresmikan secara daring 6 ketua terpilih DPD tingkat kabupaten/kota

Sen Feb 22 , 2021
22  fEBRUARI  2021      Laporan  : RB PAN Aceh Gelar MUSDA Bersama Via Daring. Zulkifli Hasan juga meresmikan secara daring 6 ketua terpilih DPD tingkat kabupaten/kota Banda Aceh (ANN)– Sebanyak 23 DPD (Dewan Pimpinan Daerah) kabupaten/kota se-Aceh menggelar (MUSDA) Musyawarah Daerah bersama. Agenda 5 tahunan ini diselenggarakan secara virtual […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori