11/08/2022

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Indonesia beli penangkal torpedo dari Turki, pengiriman tahap pertama sudah tiba

BidikAceh.com – ANKARA. Angkatan Laut Indonesia menerima tahap pertama pengacau dan umpan torpedo akustik buatan Turki untuk kapal selam diesel-listrik kelas Nagapasa (Tipe 209/1400), lapor sebuah jurnal industri pertahanan, Jumat.

Penerbit jurnal intelijen pertahanan dan keamanan yang berbasis di Inggris, Janes, mengatakan dalam laporannya bahwa tahap pertama dari umpan dan pengacau akustik – dari kelas Umpan ZOKA – yang dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Turki terkemuka ASELSAN tiba di Indonesia pada 22 Oktober.

Umpan dan pengacau akustik ZOKA dikembangkan dan tersedia untuk armada kapal selam Turki. Indonesia adalah negara luar negeri pertama yang membuat pesanan untuk sistem tersebut dengan perjanjian pada tahun 2019.

Sistem pengacau bekerja dengan memancarkan suara yang memenuhi frekuensi pengoperasian akustik torpedo, sedangkan umpan dapat diprogram untuk mensimulasikan karakteristik akustik dan hidrografi kapal selam induknya.

Efektor ZOKA digunakan dalam Sistem Penanggulangan Torpedo Permukaan HIZIR dan Sistem Penghitung Torpedo Kapal Selam ZARGANA, dan ada dua jenis efektor ZOKA yang berbeda, yang bersifat menipu dan membingungkan di kedua sistem yang juga dikembangkan oleh ASELSAN. []

Sumber: Daily Sabah