16/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Indahnya Kebersamaan

13 November,  2023

 

 

  Laporan: PO

 

 

Indahnya Kebersamaan

Catatan Risdiana Wiryatni*)

 

Jakarta.ANN

Sering kita mendengan ungkapan kebersamaan itu indah, kebersamaan itu menyenangkan, dan kebersamaan akan memperkuat tali silaturahmi untuk pencapaian kualitas hidup yang lebih baik.

Kata sesimple kebersamaan mengandung makna yang mendalam karena kebersamaan memang indah. Kebersamaan adalah bukanlah suatu hubungan yang identik dengan selalu bersama secara fisik melainkan bagaimana suatu hubungan yang dapat merapatkan hati dengan antar sesamanya, karena hati itu sesuatu yang abstrak yang tidak bisa dinilai oleh panca indra biasa.

Saling barbagi kebersamaan bisa kepada siapa saja baik kepada teman, sahabat, keluarga, ataupun dengan kekasih. Banyak persoalan-persoalan/masalah-masalah yang akan lebih mudah diselesaikan jika dengan kebersamaan.

Sebaliknya bila kebersamaan terpecah belah akan pahit rasanya dan akan banyak pengorbanan yang dibutuhkan untuk memperbaikinya kembali. Karena dengan kebersamaan kita bisa menguatkan nilai-nilai kemanusiaan. Kebersamaan membuat hal yang sedikit terasa sangat melimpah
Dalam menjalin suatu kebersamaan, pastinya kita memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan suatu keutuhan persatuan dan kesatuan bersama yang menjadikan kekuatan dalam mewujudkan visi dan misi yang ingin dicapai.

Hal ini meski ada hubungan timbal balik, dalam suatu istilah Simbiosis Mutualisme yang diartikan hubungan antara sesama makhluk hidup yang saling berhubungan yang sama-sama diuntungkan karena adanya hubungan tersebut.

Contoh halnya hubungan antara bunga dengan kupu-kupu yaitu kupu-kupu yang cantik suka hinggap di bunga yang indah. Kupu-kupu hinggap di bunga karena ia membutuhkan madu yang terdapat di bunga. Kupu-kupu diuntungkan karena menemukan bunga, begitu pula bunga diuntungkan juga karena kedatangan si kupu-kupu. Dengan adanya kupu-kupu bunga dibantu penyerbukannya.

Jadi dalam menjalin sebuah kebersamaan, kita harus mau belajar bagaimana pentingnya saling memahami, mau mendengar, mau berbagi dan mau untuk peduli. Dengan begitu kita akan bisa memaknai. Karena kebersamaan itu indah saat dijalani dan indah saat kenangannya diingat.

Kebersamaan itu mahal dan tak ternilai harganya. Maka beruntunglah bagi orang-orang yang mampu membelinya. Yaitu orang-orang yang peduli pada kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekatnya. Kebersamaan itu penting bukan hanya menjaga silaturahmi, tapi harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Semoga dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi.
*) Owner Kinerja Group

About Post Author