Hujan Deras di Tangse, Masyarakat di himbau waspada luapan banjir

30 Oktober 2021

 

Laporan : Adzin

 

Hujan Deras di Tangse, Masyarakat di himbau waspada luapan banjir

TANGSE (ANN) – Hujan lebat dengan intensitas tinggi kembali turun melanda kecamatan Tangse, Kabupaten pidie,Jumat malam (28/10/2021). Akibatnya beberapa gampong terendam banjir karena luapan pucok krueng Peunalom dan krueng inoeng dan beberapa titik jalan penghubung antar gampong.

Tokoh muda Tangse, Bakhtiar saat dikonfirmasi menyatakan, hujan mulai turun sekitar magrib pukul 18.45 WIB. Selepas itu satu jam kemudian debit air daerah aliran sungai pucok krueng Peunalom mulai bertambah volumenya hingga luapan air menjalar dan masuk menerobos menggenangi ke permukiman masyarakat setempat.

“Curah hujan tinggi kemudian ada luapan banjir, namun warga sudah siaga karena pengalaman sebelumnya,” kata Bakhtiar yang akrab disapa Bang Yan Tangse.

Di Gampong Layan, Peunalom satu dan dua puluhan rumah terdampak banjir akibat luapan sungai tersebut dan bencana alam ini juga mengakibatkan badan jalan amblas dan putus, tebing dan bronjong penahan jalan di sepanjang sungai lagi-lagi juga mengalami kerusakan.

Pantauan Ann di gampong Layan jalan amblas hanya bisa dilalui oleh sepeda motor padahal jalan tersebut juga pernah putus pada bulan Maret yang lalu. Sementara itu di Peunalom jalan mengalami rusak cukup berat dan susah dilalui kendaraan.

Sudah menjadi pengalaman tersendiri bagi masyarakat setempat, ketika diguyur hujan deras akan terjadi luapan air. Masyarakat di tiga gampong tersebut mulai bersiap siaga dan menyelamat barang ke tempat yang lebih tinggi dan menyelamatkan barang berharga lainnya.

Untuk kerusakan parah, ringan dan korban jiwa hingga berita ini dilayangkan masih dalam proses pendataan lebih lanjut. Pasca luapan air surut, warga sudah mulai membersihkan rumah dan pekarangan.

Sementara itu di Kecamatan yang sama, luapan air juga melanda gampong Pulo Mesjid I dan Pulo Mesjid II akibat luapan Krueng Inong. Hal yang sama juga terjadi di gampong Pulo Kawa, badan jalan penghubung ke gampong Neubok Badeuk sekitar 15 M amblas ke sungai.

“Untuk itu masyarakat diimbau agar tetap waspada, kerana curah hujan masih tinggi,” pungkas Bang Yan (Adzin)

admin

Next Post

Risnawati Dan Syahrial Harumkan Dinas Kesehatan Aceh Timur Di Bapelkes Aceh

Sab Okt 30 , 2021
30 Oktober 2021       Laporan : Ray   Risnawati Dan Syahrial Harumkan Dinas Kesehatan Aceh Timur Di Bapelkes Aceh   IDI (ANN) – Kejadian Luar Biasa (KLB) perlu dideteksi secara dini dan diikuti tindakan yang cepat dan tepat, perlu diidentifikasi adanya ancaman beserta kondisi rentan yang memperbesar risiko […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori