17/07/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Grand Opening Poskestren Darussakdah Darul Aman

6 November 2023

 

 

  Laporan : Ita

Editor : Fauzi

 

Grand Opening Poskestren Darussakdah Darul Aman

 


Aceh Timur (ANN) – Pondok pesantren darussakdah di kecamatan Darul Aman meresmikan pos kesehatan pesantren (poskestren) Senin 06/11/23.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Kesehatan, kepala kantor kementerian agama, camat darul aman, Kapolsek, danramil, kepala puskesmas beserta beberapa orang anggota-anggotanya, KUA, Kabid kemenag, mukim dan geusyik.

Poskestren merupakan pos penanggulangan masalah kesehatan di lingkungan pesantren, yang mengedepankan program promotif (promosi kesehatan), preventif (pencegahan penyakit), kemudian baru kuratif (pengobatan) serta rehabilitasi (pengembalian fungsi).

Dengan adanya poskestren diharapkan dapat membantu santriwan dan santriwati yang sedang belajar ilmu agama di darussakdah, yang saat ini ada sekitar 400 orang santri.

Pimpinan pesantren dan seluruh santri sangat senang dengan berdirinya poskestren di pesantren mereka, sehingga santri tidak lagi harus keluar untuk mendapatkan pertolongan kesehatan.

Pihak pesantren berharap akan adanya bantuan untuk melengkapi kebutuhan poskestren yang saat ini masih sangat terbatas.

Poskestren diresmikan oleh Kepala kantor kementerian agama kabupaten Aceh Timur, H. Salamina, S.Ag., M.A dalam pidato pembukaan menyatakan bahwa poskestren darussakdah ini merupakan poskestren pertama di kabupaten Aceh Timur, semoga akan menjadi contoh bagi pesantren lain.

Diharapkan santri akan lebih proaktif dalam mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagaimana biasanya disampaikan oleh petugas kesehatan puskesmas darul aman dalam program penyuluhan dan posyandu.

Kepala puskesmas selaku penanggung jawab kesehatan di kecamatan Darul Aman saat kami konfirmasi menyampaikan, “Kita berharap anak-anak santri bisa menjaga kesehatan diri nya dan menjadi rel model bagi teman-teman agar bisa menjaga kesehatan diri nya dan orang lain , PHBS , sehinga Anak-anak santri bisa sehat & untuk generasi Yang akan datang. (Ita)

About Post Author