20/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

GAMPONG SUKA JADI MAKMUR MEMILIKI PESONA ALAMI.

26 Mei 2023

 

 Laporan dan Liputan : Helmy

Editor : PO

 

GAMPONG SUKA JADI MAKMUR MEMILIKI PESONA ALAMI DESTINASI WISATA

 

Kota Langsa, Asia Nation News. 
Gampong Suka Jadi Makmur, Kecamatan Langsa Baro, berbatas dengan Gampong Kemuning Kecamtan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, merupakan Gampong Pemekaran dari Gampong Geudubang Aceh. Memiliki luas Gampong, 16.29.00 Km2 dengan jumlah penduduknya, 711 jiwa, menempati di tiga dusun, yaitu dusun trom, dusun loh dan dusun alur buaya. Kawasan tersebut merupakan dataran perbukitan, tempat galian C, dilakukan sekarang tinggal  dua yang beroperasi, pengusaha galian C. dikekola oleh Nanda dan Farrel, dua tempat galian C lainnya sudah tidak beroperasi lagi, galian C tersebut menghasilkan berupa Batu, koral, pasir, tanah dan pasir dan batu (sertu), dikerjakan oleh perseorangan, dengan memberikan kontribusi untuk gampong (desa) Rp. 2000 per unit dam truk.

Bukit juga alur parit di aliri air yang jernih memiliki batu mulia seperti batu akik, cempaka putih, cempaka merah dan sebagainya. Memiliki nilai dipasaran meskipun agak sulit mendapatkan, ada juga peminat batu mulia yang mencarinya sampai sekarang.

Irvan. Selaku Sekretaris Desa Gampong Suka Jadi Makmur, mengatakan bahwa pemerintah pusat mengkucuran dana dari APBN sebesar Rp. 700.Juta dari APBK. 600.Juta, total dana dari kedua sumber tersebut adalah sebanyak 1, 3 milyar .

Dana itu digunakan untuk membangun Gampong sesuai dengan Kemenkeu. Kemendes dan Perwal Wali Kota Langsa Tahun 2022.

Bangunan kantor Tuhan Puet sudah dibangun Pada tahun lalu, tempat musyawarah Masyarakat gampong suka jadi makmur.

 

Irvan juga mengatakan bahwa BUMG hampir setiap tahun mendapat suntikan dana segar Rp. 30.juta per tahun nya hingga BUMG Gampong Suka Jadi Makmur bisa mengembangkan sumber daya manusia melalui usaha nya bidang pertanian seperti perkebunan karet, sawit serta galon minyak pertamini.

Dia juga mengatakan dimana pencegahan tentang Sunting di Gampong ini hanya satu orang dan sudah di tangani secara cepat dengan memberikan makanan bergizi senilai Rp. 2 juta per tahun tambahnya serta ingin menjadikan Pemuda sebagai Garda terdepan gampong untuk dapat  mengikuti seminar, sosialisasi dan pelatihan khususnya dalam daerah, juga pelatihan lain nya seperti pelatihan tanaman Hidro Ponik dari Pertanian dan P4GN serta penanganan bahaya narkoba via BNN Kota Langsa, semua itu akan menjadi wacana yang diagendakan di Gampong”. Imbuhnya.

Irvan, melanjutkan, dimana Masyarakat gampong di tiga dusun sangat pro aktif dari segala kegiatan desa, seperti gotong royong, program kesehatan lansia, balita dan program desa lainnya.

Pj. Geuchik Gampong Suka Jadi Makmur Risky Adrian, Sstp. saat diwawancarai, tentang kiat atau cara beliau memimpin dan memajukan gampong dengan Dana yang ada sesuai Kemendes, Kemenkeu serta Perwal Wali Kota Langsa dalam RPJM dan RPJP.

Bahwasannya pj geuchik sangat mendukung program prioritas yg telah di tetapkan oleh pemerintah pusat, dikarenakan di dalam program program tersebut terdapat aspek yg meliputi dasar kemanusiaan, keadilan, kebhinekaan, keseimbangan, kebijakan strategis nasional dan sesuai dengan kondisi obyektif desa. (Helmy)

About Post Author