16/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

GAMPONG LENGKONG MERUPAKAN DARATAN RENDAH GAMBUT PENGHASIL AIR BERSIH

19 Mei 2023

Laporan :Helmy

Editor  : PO.

 

GAMPONG LENGKONG DARATAN RENDAH GAMBUT PENGHASIL AIR BERSIH.

ASIA NATION NEWS. Kota Langsa. Gampong Lengkong memiliki luas 29.Ha.didiami 2900 jiwa, Gampong lengkong merupakan gampong pemekaran dari gampong Geudubang Aceh dan Geudubang jawa. Melalui perjuangan panjang Samsul Bahri selama tiga belas tahun terwujudlah Gampong Lengkong dan samsul Bahri dipilih menjadi Geuchik Gampong lengkong dua pride smpai sekerang.

Gampong lengkong terkenal dengan sumber air bersih nya, dikekola secara perseorangan dengan mngunakan mesin penyedot air dan tangki beton, tangki fiber berukuran besar, berada dipinggir jalan PTP. N. I.

Samsul Bahri Geuchik Gampong Lengkong mengatakan dimana untuk tahun ini mendapat kucuran Dana dari APBN. sebesar Rp. 1.054.454.000.00. Dari APBK. sebesar Rp. 616.304.440.00. Total kucuran dan tersebut Rp. 1.7.miliar.Dana tersebut dipergunakan sesuai Kemendes, Kemenkeu dan Perwal Wali Kota Langsa tahun 2022.

Termasuk pembagian BLT Bagi Masyarakat kurang mampu, 27 jiwa fakir dan 71 jiwa miskin/janda. begitu juga untuk menggerakan BUMG di suprot Dana, sekarang tuturnya, BUMG mendekati mandir Dimana sudah memiliki bentuk usaha, I unit mesin molen, satu unit perangkat alat hias pengantin, kedepannya menbentuk koperasi BUMG guna menyokong ekonomi produktif Masyarakat.

Begitu juga kesehatan Masyarakat gampong seminggu sekali diadakan pos yandu balita dan lansia serta cek up lainnya yang berkenalan dengan kesehatan Masyarakat gampong gratis tuturnya.

Samsul Bahri, menambakan dalam penguatan ketahanan pangan nabati dan hewani, pemerintah gampong membagikan bibit hidup di polibek siap tanam kepada Masyarakat secara cuma-cuma /gratis berupa bibit cabai, terong. Juga tambahnya, pencegahan penurunan shunting di berikan kepada dua orang ibu hamil.

Serta dalam peningkatan sumber daya manusia dimana, pemuda sebagai garda terdepan gampong, difasilitasi mengikuti pelatihan, sosialisasi melalui seminar dan pelatihan dalam daerah.

Dalam peningkatan keterlibatan Masyarakat secara menyeluruh, perangkat desa mengadakan musyawarah dalam membuat program desa, baik berupa gotong royong, juga untuk perluasan informasi kepada Masyarakat ditempatkan papan informasi baik di kantor Geuchik maupun dipersimpangan jalan gampong. (Helmy)

 

 

About Post Author