21/06/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Gampong Jawa Metro, Desa Identik Jantung nya Kota Langsa

26 Juli 2023

 Laporan  : Helmy

 Liputan : Luluk

Gampong Jawa Metro, Desa Identik Jantung nya Kota Langsa

 

AsiaNationNews. Kota Langsa |Gampong jawa Metro berada di tengah kota Langsa memiliki luas 5 ha persegi, dengan jumlah penduduknya 10.130 jiwa terdiri dari suku bangsa Indonesia dan juga ada suku tionghoa (china) dengan kuburannya yang berubah menjadi tempat hunian, suku bangsa inilah yang mendiami gampong Jawa Metro.

Gampong jawa Metro menerima anggaran APBK dan APBN. sebesar Rp. 2.6 miliar, dimana setiap kegiatan selalu mengutamakan musyawarah secara bersama konstituen dan ulama, selain tokoh masyarakat, tuha peut, pemuda dan seluruh masyarakat baik dikantor desa maupun di mesjid. Dimana gampong ini mengadakan kegiatan program shalat magrib secara berjamaah di setiap mesjid dan mushala setiap dusun.

Dengan penggunaannya dana secara transparan melalui bantuan tunai langsung (BLT) sebanyak 90 orang serta program kebun PKK dengan bermacam kegiatan berupa kebun tanaman, kolam ikan, juga ternak bebek air yang kini mencapai ratusan ekor.

Badan usaha milik gampong  (BUMG) untuk sementara ini belum diaktifkan sudah hampir setahun, diharapkan tahun kedepannya BUMG tersebut dapat diaktifkan ketika diadakan pemilihan kepemimpan yang baru.

Pemuda di gampong ini setiap event selalu mendapatkan dukungan dana dari gampong untuk mengikuti berbagai kegiatan yang dapat menjadikan aktifitas kepemudaan yang positif.

Gampong jawa mengadakan pemanfaatan lahan tidur yang ada di sekitar rumah penduduk untuk mengantisipasi ketahanan pangan berupa tanaman sayur manyur, cabai dan sebagainya, serta membagikan kepada warga berupa anak ayam dan bebek 130 ekor per orang sebagai bagian dari awal usaha mereka.

Digampong ini tidak terdapat balita kekurangan gizi (stunting) karena pemerintah gampong lebih mengutamakan kesehatan untuk warganya secara berkesinambungan.

Semua masyarakat merasa aman kala malam harinya dikarenakan diadakannya penjagaan malam berikut hasil wawancara media ANN dengan geuchik gampong jawa Metro, Syahrul sebagai berikut. (Helmy)

 

 

About Post Author