21/06/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Evakuasi Ibu Melahirkan saat Banjir

9 Oktober 2022

 

 

  Laporan : Ray

Editor : Fauzi

 

Evakuasi Ibu Melahirkan saat Banjir

 

Aceh Timur (ANN) – Banjir merambah Aceh Timur, di kecamatan Indra Makmur ada sekitar empat desa yang digenangi air, yaitu desa alue ie mirah, blang nisam, jambo lubok, dan suka makmur.

Keempat desa tersebut banjir sehari, mulai jam 03.00 malam sampai sore hari sabtu 08/10/22.

Alhamdulillah tidak ada korban, hanya sebahagian warga yang rumahnya terendam diungsikan ketempat yang lebih aman.

Diantaranya salah seorang warga yang baru seminggu melahirkan dibantu muspika menggunakan perahu karet dan dengan mobil dibawa ke puskesmas.

Kepala Puskesmas Alue Ie mirah, Khairil Anwar, SKM saat dikonfirmasi via telp dan WhatsApp mengatakan ada dua warga yang melahirkan saat desa mereka sedang banjir.

“Pertama, ibu Diana, kemarin dibawa ke puskesmas untuk proses melahirkan dan sudah ditangani oleh bidan puskesmas alue ie mirah, alhamdulillah proses melahirkan berjalan lancar ibu dan bayi selamat”.

Kemudian ada seorang warga lagi yang kemarin akan melahirkan dan akan menuju ke puskesmas alue ie mirah, tapi karena titi antar jalan desa suka makmur menuju desa alue ie mirah putus/amblas, serta tidak bisa dilewati maka ibu tersebut di bawa ke puskesmas perkebunan inti, lanjut pak Khairil.

Kami siaga dalam menyikapi keadaan banjir yang telah melanda beberapa desa, mudah mudahan puskesmas tidak akan banjir sebagaimana tahun lalu sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak akan terganggu, tutup pak Khairil Anwar.

Sementara di desa Jamboe reuhat keudee geureubak, kecamatan Banda alam, banjir mulai jam 08.00 wib hari Minggu 09/10/22.

Dijamboe reuhat, sampai dengan berita ini di publish air masih mencapai sekitar 80 cm diatas jalan, namun tidak ada korban.

Selain jaboe reuhat, juga desa blang rambong, dan Seuneubok pangou yang sudah mengalami banjir, di kecamatan Banda alam, informasi dari kepala puskesmas keudee geureubak Sri Indrawati Hastuti, SKM., MPh. (Ray)

About Post Author