22/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Eksekutif Dan Legislatif Sepakati Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023

30 November 2022

 

Laporan : Gobah

Photographer : Adyboy

 

Eksekutif Dan Legislatif Sepakati Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023

 

Lombok utara -(asianationnews)-Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH menghadiri rapat paripurna
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Utara (KLU) Menggelar sidang Paripurna dengan agenda Laporan Banggar, Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi terhadap rancangan APBD Tahun anggaran 2023 yang berlangsung di Ruang Sidang DPRD setempat (30/11).

Hadir juga Ketua DPRD KLU Artadi S.Sos, Wakil Ketua I H. Burhan M. Nur, SH, Wakil Ketua II Mariadi S.Ag, Para Staf Ahli bupati, Asisten Setda KLU, perwakilan anggota Forkopimda KLU, Kepala Perangkat Daerah, serta undangan lainnya.

Paripurna sendiri dipimpin oleh Ketua DRPD KLU disaksikan oleh 26 orang anggota dewan lainnya.

Berdasarkan hasil laporan badan anggaran DPRD KLU serta pendapat akhir fraksi-fraksi disimpulkan bahwa pada umumnya seluruh fraksi dewan menyetujui rancangan anggaran APBD Pemerintah daerah KLU tahun anggaran 2023.

Dalam sambutannya Bupati Djohan menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Lombok Utara yang telah memberi masukan dan pemikiran yang konstruktif terhadap rancangan APBD KLU tahun anggaran 2023, baik terhadap komponen pendapatan, belanja, pembiayaan maupun pengawasan pelaksanaannya.

Sehingga nantinya diharapkan manfaat capaian kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah dapat berdampak positif secara langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan keberpihakan pemerintah daerah kepada kepentingan masyarakat banyak di semua aspek.

“Pemerintah daerah terus bersinergi bersama seluruh stakeholder yang ada dalam rangka peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,”katanya.

Sesuai dengan rencana kerja pemerintah pusat maupun rencana kerja pemerintah daerah, dengan dana yang terbatas pemerintah daerah terus berupaya melakukan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, peningkatan kualitas SDM pendidikan dan kesehatan, penanggulangan pengangguran disertai dengan peningkatan decent job melalui penyediaan lapangan usaha, mendorong pemulihan dunia usaha, revitalisasi industri dan penguatan riset terapan, pembangunan rendah karbon dan transisi energi yang berkelanjutan dengan adaptasi dari perubahan iklim, percepatan pembangunan infrastruktur dasar antara lain air bersih dan sanitasi, dengan sasaran dan target yang harus dicapai pada tahun 2023.

“Proses penyusunan rancangan APBD tahun anggaran 2023 sehingga dapat kita sepakati  bersama secara tepat waktu,” tutupnya.

Sementara itu Ketua DPRD KLU Artadi S.Sos dihadapan awak media menuturkan dengan telah disepakati bersama rancangan APBD KLU tahun 2023 oleh DPRD, selanjutnya pemerintah daerah tinggal menjalankan sesuai dengan apa yang disepakati bersama saat pembahasan.

“DPRD secara kelembagaan sudah menyetujui, tinggal pemerintah daerah menjalankan, kami tidak ingin program-program yang disusun berubah atau ditambah ditengah jalan,”ujarnya.

Pihaknya juga meminta pemerintah daerah untuk menambah  porsi anggaran dibidang infrastruktur dan kesehatan bisa diperbanyak serta porsi anggaran dibidang pariwisata sebagai sumber PAD perlu porsi anggaran yang lebih.(gobah)

About Post Author