28/03/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Dua Nelayan Yang Hilang di Aceh Timur Telah Kembali Kerumah

8 Juni 2022

 

 

  Laporan : Ray

Editor : Fauzi

 

Dua Nelayan Yang Hilang di Aceh Timur Telah Kembali Kerumah

 

ANN (Aceh Timur) – Nelayan yang hilang saat melaut di perairan Julok pada senin 6 Juni 2022 lalu kini telah kembali ke rumahnya masing-masing.

Berdasarkan keterangan nelayan tersebut, mereka terbawa arus hingga ke perairan Ujong Blang, Lhokseumawe.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Aceh Timur, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat SIK melalui Kasatpolairud, AKP Zainursydi SH MH, Selasa (7/6/2022).

Mereka terbawa arus hingga ke perairan Ujong Blang, Lhokseumawe, lebih kurang sekitar 32 mil dari Kuala Ujung Blang, jelas AKP Zainursydi,.

“Keduanya selamat dan sudah pulang ke rumah masing-masing. Keduanya juga mendatangi tim gabungan yang sedang melakukan pencarian dan menyampaikan bahwa mereka sudah pulang dengan selamat,” jelas AKP Zainurrusydi.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua nelayan asal Desa Naleung, Kecamatan Julok, Aceh Timur, dilaporkan hilang saat menangkap ikan di sekitar perairan Julok, Aceh Timur.

Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat SIK, melalui Kasihumas AKP AS Nasution SH, mengatakan dua Nelayan Hilang tersebut yakni Murtala (27) dan Yusri (32).

Mereka dilaporkan hilang setelah tidak adanya kontak saat melaut sejak Sabtu (4/6/2022) sampai Senin (6/06/2022), sementara perbekalan keduanya yang dibawa hanya cukup untuk satu hari makan selama melaut.

Memperoleh informasi adanya Nelayan Hilang tersebut, Kasatpolairud Polres Aceh Timur AKP Zainursydi SHMH, langsung membentuk tim untuk melakukan upaya pencarian.

Tim yang terdiri dari petugas Satpolairud Polres Aceh Timur, Pos Lanal Idi, BPBD Kabupaten Aceh Timur dan Basarnas Kota Langsa, dipecah menjadi dua tim yang masing-masing melakukan pencarian menggunakan Rubber Boat.

“Pencarian dengan mengerahkan dua Rubber Boat, satu tim menyisir mulai dari Kuala Idi dan tim dua melakukan penyisiran dari Kuala Geulumpang Julok,” ujar Kasihumas, namun hingga pukul 20.30 WIB Senin malam kedua korban belum ditemukan.

Saat melakukan pencarian, petugas menyapa nelayan yang sedang beraktifitas dan mengajak mereka untuk turut ikut memantau keberadaan nelayan yang hilang tersebut sambil melaksanakan aktivitas menangkap ikan.

“Bila menemukan korban agar melakukan pertolongan atau menginformasikan kepada petugas setempat untuk segera ditindaklanjuti dan dievakuasi,” terang Kasihumas Polres Aceh Timur (Ray)

About Post Author