09/12/2022

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (DISDIKBUD) KABUPATEN ACEH TIMUR MELAKSANAKAN FESTIVAL DAN LOMBA LITERASI NASIONAL (FL2N)

15 November 2022

 

 

  Laporan : Ita

Editor : Fauzi

 

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (DISDIKBUD) KABUPATEN ACEH TIMUR MELAKSANAKAN FESTIVAL DAN LOMBA LITERASI NASIONAL (FL2N)

 

Aceh Timur (ANN) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Timur melaksanakan kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar, acara berlangsung sejak pukul 08 s.d selesai Selasa (15/11/22) satu hari penuh, diselenggarakan tepatnya di lokasi SDN 7 Idi Rayeuk.
Acara dimulai dengan registrasi peserta pada setiap katogori lomba, meeting dewan juri, pembukaan , pengarahan dewan juri kepada peserta, kegiatan lomba (perpentas perkegiatan lomba), acara penutupan sekaligus pembagian hadiah.
Acara tersebut dibuka oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Timur melalui sekretarisnya Muslim Z, S.Pd. M.Pd. dengan mengusung tema “Suka Cita Anak Indonesia Belajar sepanjang hayat”. Dalam arahan dan sambutannya menyampaikan prestasi sebuah sekolah selain keindahan banggunan, adalah prestasi siswa, jadi kemajuan sekolah adalah tanggungjawab semua komponen Pendidikan.


Perlombaan yang di ikuti oleh 112 peserta terdiri dari tujuh perwakilan wilayah, setiap wilayah terdiri dari dua utusan perkatagori lomba yaitu putra dan putri. Adapun bidang yang diperlombakan adalah lomba baca puisi, lomba mendongeng, lomba menulis pantun dan lomba menulis cerpen. Tujuan kegiatan ini diselenggarakan untuk menumbuhkan dan meningkatkan bakat, minat serta prestasi siswa sekolah dalam berliterasi. Dikutip dari laporan ketua Panitia yang akrap di sapa pak Bur.
Selain itu ketua panitia juga menjelaskan dalam perlombaan kali ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur dalam menyelenggarakan kegiatan ini melibatkan para dewan juru dari yang berprestasi di bidang literasi baik dari dinas Pendidikan sendiri dan dari Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur.


Serangkaian perlombaan yang berlangsung dalam waktu bersamaan di pentas setiap katagori lomba selesai lebih kurang pukul 16.00 WIB, dilanjutkan dengan penutupan sekaligus pembagian hadiah. Semarak teriakan kebahagian dari peserta yang menjadi pemenang saat panitia membacakan hasil perlombaan yang dinantikan di bawah gerimis hujan menjadikan kegiatan ini semakin meriah, Peserta yang menjadi juara selain mendapatkan tropi juga mendapakan uang pembinaan. (Ita)

About Post Author