Dinas Kominfo Sosialisasikan Kecerdasan Publik Dalam Penanganan Berita Hoax Pada Pembentukan KIM

9 November 2021

 

Laporan : Bunheri

Editor : PO

 

Dinas Kominfo Sosialisasikan Kecerdasan Publik Dalam Penanganan Berita Hoax Pada Pembentukan KIM

Kota Langsa (ANN) | Pemerintah Kota Langsa melalui Dinas Kominfo membentuk Kelompok Imformasi Masyarakat (KIM) di aula sekretariat daerah kota langsa, Selasa (9/11/2021)

Pembentukan KIM yang diawali kata kata sambutan oleh Boto Prananjaya ST, selaku kabid Komunikasi dan Informasi Publik mengutarakan tentang perlunya KIM sebagai kelompok masyarakat yang  menyampanian informasi dengan baik dan benar dengan menyesuaikan tugas dan fungsi seperti, mengakses informasi baik lannsung atau tidak lagsung, dialog dan diskusi sesama anggota KIM selanjutnya meng-implementasikan dengan menerapkan dayaguna pengetahuan informasi yang dibolehkan.

Foto : Boto Prayanajay, ST (kabid komunikasi dan informasi publik) dinas kominfo sedang memberi sambutan

Kadis Kominfo M. Husin S. S sos, MM juga sempat mengangkat ketentuan tentang kebebasan yang termaktub dalam UUD 45 pasal 28 yang terkait dengan hak kebebasan setiap insan namun bukan berarti bebas tanpa aturan. M. Husin juga menambahkan perlu ada sistem Smartcity dimana pemerintah akan mudah menyampaikan indormasi seputar daerah kepada masyarakat umum yang nantinya dapat menangkis berita berita tidak benar, khususnya berita bohong atau juga santer dikenal Hoax yang sudah pasti akan menimbulkan fitnah.

Foto : M. Husin, S.Sos, MM (Plt. Kadis Kominfo) Kota Langsa

M. Husin juga menjelaskan banyak kebijakan dapat dilakukan dalam menyampaikan berita yang benar dan tepat sesuai fakta dan tidak ada unsur kebohongan.” Tambahnya.

Pada kesempatan pembukaan sosialisasi dengn judul ” Menangkis Berita Hoax “,  pada pembentukan KIM, wakil walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid MM,  menyampaikan himbauan kepada masyarakat khususnya yang hadir pada sosialisasi tersebut agar menyatakan perang dengan penyebar berita bohong atau hoax.

Terkait dengan berita hoax, Marzuki Hamid menyontohkan perawi hadis sekalipun tidak dapat diterima untuk digunakan jika perawi itu tidak memiliki latar belakang yang baik, jujur dan amanah bahkan lebih rendah dari perawi hadis yang dhaif. Bahkan orang nomor dua di kota langsa itu untuk mencontohkan para perawi yang shahih untuk kita amalkan hadits nya serta mencontohkan Nabi Muammad SAW sebagai penyampai berita yang penuh dengan kebenaran serta menjadi rahmat bagi sekalian alam.” Pungkasnya

Foto : Dr. H. Marzuki Hamid MM (Wakil Walikota) Langsa.

Disela sela acara hadirin sempat disajikan drama tentang buruknya berita hoax itu dan bagaimana kita menanggapi sekaligus menyikapi setiap berita yang kita termia dan menariknya lagi drama tersebut dapat dilihat oleh khalayak ramai di Youtube dan dibintangi oleh pelakon dari dinas kominfo besutan Plt. Kadis Kominfo Kota Langsa.

Foto : Forkopimda mengabadikan foto bersama wakil walikota dan plt. Dinas Kominfo.

Diantara yang hadir pada pembukaan KIM tersebut diantaranya, Wakil Walikota Langsa, Pj. Kadisperindagkop, Forkopimda, OPD dan OKPD, para sesepuh dan tokoh masyarakat serta perwakilan dari PWRI Kota Langsa. (Bunheri)

 

admin

Next Post

LMND Aksi Tuntut KPK Panggil dan periksa Erick Tohir dan Luhut Binsar Panjaitan

Sel Nov 9 , 2021
9 Oktober 2021   Laporan : Roni   LMND Aksi Tuntut KPK Panggil dan periksa Erick Tohir dan Luhut Binsar Panjaitan Jakarta (ANN) Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) hari ini Selasa 9 November 2021 menggelar aksi di depan gedung KPK. Aksi itu menyusul adanya dugaan kasus PCR yang melibatkan […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori