29/03/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Bupati Rocky Membuka Kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital

07 Oktober 2021

 

 

  Laporan : Ray

 

Bupati Rocky Membuka Kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital

ANN | Aceh Timur – Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH Membuka Kegiatan Webinar Pendidikan Literasi Digital Bagi Guru Se-Kabupaten Aceh Timur Tahun 2021. Rabu (6/10/2021).

Kegiatan webinar ini juga dihadiri oleh menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Ketua Umum APKASI yang merupakan Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, dr Himmatul Hasanah MP, Ketua Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dan Sahabat Guru.

Dalam Opening Speech, Bupati mengatakan salah satu agenda pembangunan RPJM 2020-2024 yang terkait langsung dengan pendidikan, diantaranya dalam upaya meningkatkan kualitas SDM yang berdaya saing tinggi, melalui peningkatan pemerataan layanan pendidikan berkualitas serta peningkatan literasi, inovasi dan kreativitas.

“Kegiatan webinar pendidikan hari ini merupakan bahagian dari program literasi digital nasional “Indonesia Makin Cakap Digital 2021”, program yang diprakarsai oleh Kementerian Kominfo RI ini merupakan suatu program yang diharapkan akan dapat menghasilkan komunitas digital yang mampu secara aktif dalam pemanfaatan internet di segala aspek kehidupan terutama dibidang kependidikan,” papar Bupati H Hasballah bin HM Thaib SH (Rocky).

Bupati Rocky menambahkan, program tersebut dapat diseminarkan pada hari ini atas dukungan penuh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama Yayasan Adiluhung Nusantara serta Sahabat Guru.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Timur Rocky juga turut mengucapkan terima kasih kepada Menteri Kominfo RI, Ketua Apkasi dan kepada Yayasan Adiluhung Nusantara serta sahabat guru.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kemampuan digital bagi para pelaku di dunia pendidikan dirasa sangatlah penting, apalagi di masa-masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.” ujar Rocky.

Menurut Rocky, jika semua satuan pendidikan (sekolah) bisa terakses atau terkoneksi jaringan internet, dirinya yakin dan percaya bahwa hal tersebut akan membawa dampak positif yang sangat signifikan terhadap proses pendidikan sampai ke pelosok pendalaman.

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur di tahun Anggaran 2021 ini telah menganggarkan dan bahkan sedang dalam proses pelelangan program pengadaan sarana jaringan internet sekolah daerah terpencil sebesar Rp 1 miliar rupiah. Program ini merupakan wujud nyata perhatian pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam mendukung program literasi digital nasional ‘Indonesia Makin Cakap Digital 2021. Dengan anggaran yang sebesar itu saja dirasa belum mampu untuk memenuhi semua kebutuhan di daerah pelosok Aceh Timur, yang dikarenakan wilayah Aceh Timur yang sangat luas. Namun Pemkab Aceh Timur walau dengan keterbatasan dana telah mulai melakukan penerapan awal program tersebut.

Bupati berharap hendaknya Menteri Kominfo RI berkenan membantu Aceh Timur untuk tahapan selanjutnya dengan membantu fasilitas jaringan internet bagi sekolah-sekolah di pendalaman.

“Kami sangat mengharapkan adanya bantuan dari Menteri Kominfo RI agar semua sekolah di wilayah pelosok atau sekolah terpencil bisa terakses internet di tahun 2023 sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Presiden Ir H Joko widodo pada tanggal 20 Mei 2021,” harapan Bupati Rocky.

Pada kesempatan itu, Bupati Rocky atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Timur juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah saling bekerja sama. “Semoga pelaksanaan webinar pendidikan literasi digital bagi guru Se-Kabupaten Aceh Timur tahun 2021 dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan bersama,” tutup Bupati Rocky. (Ray)

About Post Author