20/04/2024

AsiaNationNews.com

Honesty – integrity – Trust

Bupati Lombok Utara Resmikan TPS 3R Gemaripah Desa Bentek

8 September 2021

 

 

 Laporan : Tio AF

 

Bupati Lombok Utara Resmikan TPS 3R Gemaripah Desa Bentek

Lombok Utara (ANN) – Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH Meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Reuse Reduce Recycle (3R) Gemaripah Dusun Todo Lauk Desa Bentek Kecamatan Gangga(8/9).

Hadir Pula Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman NTB Aprialely Nirmala ST MT, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan H Simparudin SH, Plt Kadis LH KLU H Husnul Hadi SKm,Camat Gangga Kariadi SP, Kepala Desa Bentek Warna Wijaya SAP serta undangan lainnya.

Bupati Djohan Dalam Sambutannya Menyampaikan dengan usai dibangunnya tempat pengelolaan sampah 3R Gemaripah kedepannya agar masyarakat memanfaatkan dengan sebaik mungkin supaya permasalahan sampah sekitar kita bisa teratasi dan menjadikan lingkungan tetap bersih.

“TPS 3R ini nantinya sebagai wadah penampungan sampah rumah tangga untuk di kumpulkan disini kemudian proses kembali karena disamping dapat membantu pemerintah dalam konteks penanganan kebersihan lingkungan, sampah di TPS 3R juga bisa olah untuk di daur ulang dan memiliki nilai ekonomi,”tuturnya.

Persoalan sampah kelihatannya kecil tetapi memiliki dampak besar terhadap kondisi lingkungan dan kesehatan kita oleh karena itu kepada masyarakat untuk sama-sama peduli dengan lingkungan masing-masing karena jika lingkungan bersih maka masyarakat menjadi sehat.

Pembangunan TPS3R ini merupakan hibah dari BBPPW NTB, dimana Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Provinsi NTB Aprialely menyampaikan Bahwa dari lima Kabupaten yang mendapatkan bantuan anggaran pembangunan TPS 3R dengan masing-masing anggaran sebesar Rp 600 juta dimana Desa Bentek menjadi TPS 3R pertama selesai dan ini yang paling cepat.

“Program TPS 3R ini mampu terbukti efektif mengurangi volume sampah rumah tangga serta dapat mengurangi pembuangan yang terkirim di TPA”, ungkapnya. ( Tio AF)

About Post Author