BPN, Dinas Pertanahan Dan Dinas Perikanan Dan Kelautan Aceh Timur Tinjau Calon Lokasi Pembibitan Udang Vaname di Desa Kuala Parek, Kec. Sungai Raya

26 Agustus 2021

 

 Laporan : SB/010

 

BPN, Dinas Pertanahan Dan Dinas Perikanan Dan Kelautan Aceh Timur Tinjau Calon Lokasi Pembibitan Udang Vaname di Desa Kuala Parek, Kec. Sungai Raya

 

Aceh Timur (ANN) – Aceh Timur merupakan salah satu Kabupaten terluas di Provinsi Aceh (NAD) dengan keluasan 6040,60 Km² yang terdiri dari 24 Kecamatan dan 59 Mukin serta 513 Gampon (Desa), Aceh Timur yang memiliki varian bentangan areal diantaranya daratan rendah, perbukitan, berawa rawa dan hutan mangrove serta bentangan pesisir pantai dan tambak yang terbentang luas sangat sesuai untuk pembibitan Udang Vaname.

 

Sebagai tindak lanjut program yang dilancarkan oleh kementerian Perikanan dan Kelautan (pusat) Plt. Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Timur Dr. Darmawan M. Ali ST, MISD. Dalam penjelasan nya bahwa Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perikana dan Kelautan telah memilih calon lahan atau lokasi pembibitan Udang Vaname. Darmawan juga menambahkan penjelasan nya bahwa kawasan yang sudah disurvey tersebut sedang dikaji kelayakan bermula dengan seratus (100) Hektare hingga mencapai sepuluh ribu  (10.000) hektare yaitu di Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur.

 

Program kerjasama Pemerintah Daerah Aceh Timur dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan Pusat merupakan wacana untuk kesejahteraan rakyat, nantinya akan digunakan pada pembibitan hingga memproduksinya dengan pemberdayaan masyarakat khususnya Aceh Timur dan seluruh rakyat Indonesia pada umumnya. Produk dari pemeliharaan udang tersebut akan mensasarkan konsumen dalam dan luar daerah, bahkan Insya Allah akan kita ekspor ke luar negeri. Tambahnya.

Seiring dengan pernyataan Plt. Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Timur, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh Timur, M. Taufik S. Si, MM yang didampingi oleh Afzal Khalilullah Za, S.TP.
Kasi Penataan dan Pemberdayaan Kantor Pertanahan Kab. Aceh Timur bersama Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Pernahan Aceh Timur meninjau lokasi calon lahan pembibitan udang Vaname di Desa Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur kemarin Rabu (25/08/2021).

Bertindak seebagai badan pengukur lahan pada program Kementerian tersebut, Kepala BPN Aceh Timur, M. Taufik S. Si, MM saat dikonfirmasi oleh awak media ANN Taufik menjelaskan ” BPN Aceh Timur akan membantu Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Timur baik  saat mensurvey hingga menempatkan sasaran lokasi (Claster) program pembibitan Udang Vaname di Aceh Tomur.” Pungkas Taufik.

 

Turut melakukan Pendampingan pada peninjauan lokasi adalah Dinas Pertanahan Aceh Timr , MB. Bandi Harvirdaus SH yang didampingi oleh kedua kasinya masing masing Ajrul aswad, SE (Kasi Pengurusan Hak Tanah) dan Syamsul Bahri Hrp, SE (Kasi Perencanaan)  berharap semoga segala sesuatunya akan lancar dan berjalan sesuai dengan wacana yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perikanan dan Kelautan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Aceh Timur pada pembibtan udang Vaname tersebut dan Syukur Alhamdulillah Aceh Timur telah mencalonkan lokasi program tersebut di Desa Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur.

” Kita berharap program ini akan terus berkesinambungan agar program ini bukan hanya untuk kemakmuran rakyat bahakn juga untuk PAD Aceh timur, Ucap Ajrul. (SB/010)

 

 

 

admin

Next Post

Inspektorat Menyambangi Seluruh Gampong Di Wilayah Kota Langsa Sebagai Sosialisasi Penggunaan Anggaran

Jum Agu 27 , 2021
27  Agustus 2021    Laporan : EF.01 Photographer    : BHJ   Inspektorat Menyambangi Seluruh Gampong Di Wilayah Kota Langsa Sebagai Sosialisasi Penggunaan Anggaran   Kota Langsa (ANN) – Kepala Inspektur Dinas Inspektorat Kota Langsa, Sahrial SE, AK melakukan kunjungan rutinitas nya ke beberapa Kantor Geuchik diantaranya Gampong (Desa) Alur […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori