Apel rutin RSUD dr. Zubir Mahmud dalam masa tenggang Vaksinasi ke dua vaksin Cinovac COVID-19

22 Februari  2021

 

 Laporan : Imran

 

Apel rutin RSUD dr. Zubir Mahmud dalam masa tenggang Vaksinasi ke dua vaksin Cinovac COVID-19

Aceh Timur (ANN)-Senin, 22 februari 2021, seperti biasa sebelum bertugas sesuai tupoksi masing – masing seluruh pegawai Rumah Sakit Zubir Mahmud melakukan Apel pagi atau Apel koordinasi.

Apel merupakan kegiatan rutin yg dilakukan pada setiap hari senin mulai jam 08.00 wib s/d selesai dan diikuti oleh seluruh staf baik dari manajemen maupun pelayanan, kecuali staf atau petugas yg sedang off (libur) dan petugas pelayanan yg berhubungan langsung dengan pasien.

Dalam Apel pagi hari senin 22 februari 2021 ini, Ns. Aiyub, S. Kep. Kepala Ruang Kelas bertindak sebagai komandan atau pemimpin apel dan bapak direktur dr. Edi Gunawan, MARS., bertindak sebagai pembina yg memberikan pengarahan serta mengevaluasi kondisi RS selama hari libur sabtu dan minggu.

Sebelum pembina memberikan pengarahan terlebih dahulu diawali dengan pembacaan visi dan misi Rumah Sakit, yg dibacakan oleh Maria Ulfa, yang merupakan staf ponek RSUD dr. Zubir Mahmud.

Visi Misi RSUD dr. Zubir Mahmud.
Visi : Menjadikan RS Kebanggaan bagi seluruh masyarakat kab. Aceh Timur
Misi:
1. Memberikan pelayanan yang berorientasi kepada kepentingan pelanggan yg bisa dipertanggung jawabkan secara medik, moral dan dilaksanakan dengan penuh keikhlasan
2. Memberikan pelayanan kesehatan dengan layanan tambahan yang berbeda dari pelayanan sejenis di rumah sakit lain.
3. Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia Rumah sakit melalui pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan.
4. Penyediaan sarana dan prasarana yang sesuai standard kebutuhan Rumah Sakit.

Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan pembina apel. Dalam pengarahan nya dr. Edi menyampaikan banyak hal, terkait kedisiplinan, serta informasi lain yg dianggap perlu disampaikan kepada staf, serta informasi – terkini seperti issue vaksinasi COVID-19.

dr. Edi menyampaikan bahwa untuk beberapa kondisi yg sebelumnya tidak boleh divaksinasi, seperti ibu menyusui, tekanan darah tinggi saat dilakukan screening sekarang telah direvisi  dan boleh divaksinasi dengan beberapa ketentuan yg perlu diikuti.

Untuk yg tekanan darahnya tinggi saat di screening, setelah dilakukan penelitian, sekarang sudah dibolehkan untuk divaksinasi. Batas tekanan darah yg boleh divaksin sekarang adalah 180 ke bawah, diatasnya belum bisa divaksinasi.

Dihimbau kepada seluruh tenaga kesehatan (nakes) rumah sakit untuk tidak stres sewaktu dilakukan screening sehingga potensi tekanan darah naik dapat dihindari.

dr. Edi menambah, Vaksinasi kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) akan dimulai pada hari rabu, 24 februari 2021 ditempat yg sama dengan pelaksanaan vaksin pertama, yaitu di gedung vaksinasi dalam komplek RSUD dr. Zubir Mahmud.

Sasaran vaksinasi kedua hari pertama yaitu beberapa pejabat publik Aceh Timur, dokter spesialis, dan tenaga kesehatan yg bekerja dilingkungan RSUD dr. Zubir Mahmud. Penjadwalan vaksinasi kedua disesuaikan dengan jadwal vaksinasi pertama, untuk menghindari dampak negatif jika vaksin kedua diberikan dibawah dua minggu, begitu disampaikan Bpk direktur.

Masih dr. Edi selaku pembina. Beliau menyampaikan bahwa tidak ada nakes RSUD dr. Zubir Mahmud yang menolak untuk di vaksin, dan tidak ada sanksi atau hukuman jika ada yg tdk bersedia divaksin.

Issue yang beredar adalah hoak, sesuai dengan apa yg disampaikan Bpk bupati saat pembukaan vaksinasi pertama saat ada pertanyaan dari rekan wartawan.

Beliau menambahkan, selaku petugas kesehatan yg sudah dibekali pengetahuan kesehatan, epidemiologi penyakit, serta sudah sumpah jabatan tentu tidak akan ada nakes dibawah pimpinannya yg menolak untuk di vaksin. Karena vaksinasi menjadi kewajiban nakes dalam upaya memberantas dan mencegah penularan covid-19.

Setelah apel selesai, kami coba konfirmasi ke kasub bagian umum, ibu Cut Sofiana, SKM., tentang kehadiran staf dalam apel pagi yg merupakan kewajiban bagi seluruh staf yg bekerja di RSUD dr. Zubir Mahmud.

Selaku kasub Umum yg berkewrnangan terhadap kepegawaian RS, Cut Sofiana mengatakan bahwa apel pagi tadi berjalan dengan baik dan khitmat, namun masih ada beberapa orang yang tidak ikut apel.

Bu Cut menghimbau kepada seluruh staf Rumah Sakit untuk meningkatkan kedisiplinan, baik terhadap kewajiban mengikuti apel maupun kepatuhan terhadap jam dinas sesuai ketentuan yang berlaku di RSUD dr. Zubir Mahmud.

Masuk dan pulang  bekerja tepat waktu, baik yang bertugas 5 hari seminggu maupun yang mengikuti jadwal shif di ruangan. Ini demi terlaksananya pelayanan yg prima bagi semua masyarakat yg ingin mendapatkan  pelayanan, baik di poliklinik maupun IGD. Dan pelayanan rawat inap, serta pelayanan administrasi kesehatan lainnya   di RSUDZM.

Meningkatkan kedisiplinan, serta mengikuti segata aturan yang berlaku merupakan kewajiban pegawai serta sesuai dgn visi RSUDZM diatas, yaitu menjadikan Rumah Sakit kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kab Aceh Timur.

Seluruh staf terlihat begitu antusias dan bersemangat dalam mengikuti apel pagi, terlihat dari keseragaman dan kerapian dalam barisan. Mudah mudahan semangat dan kerja keras pegawai RSUDZM dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Aceh Timur mendapat Apresiasi yang membahagiakan. **(Imran)

admin

Next Post

Kisah Sejarah Makam Medana Dari Balai Desa

Sen Feb 22 , 2021
22  Februari  2021    Laporan  :  Tio Al Fatih Photographer : Dana   Kisah Sejarah Makam Medana Dari Balai Desa Lombok Utara ~(ANN) ‘Makam Medana’ yang berada di Dusun Teluk Dalem kern Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Diceritakan Kepala Desa Medana, H. Umar Khalid Bersama Sekertaris Desa ( […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori