128 Rumah rusak akibat gempa Maluku Utara

BNPB mengatakan tidak ada korban jiwa akibat gempa berkekuatan M 6,8 tersebut sejauh ini

BidikAceh.com –  Maluku . Sebanyak 128 rumah rusak akibat gempa berkekuatan M 6,8 —sebelumnya dilaporkan berkekuatan M 7,1— di Kabupaten Kepulauan Morotai, Maluku Utara, yang terjadi pada Kamis pukul 15.49 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan rumah yang rusak berada di enam kecamatan yakni Morotai Selatan, Morotai Timur, Morotai Jaya, Morotai Selatan Barat dan Pulau Rao.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan 11 rumah di antaranya rusak berat, 18 rumah rusak sedang, dan 99 unit rusak ringan.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa akibat gempa yang terjadi pada pukul 15.49 WIB,” kata Raditya melalui siaran pers, Jumat.

BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai masih melakukan penanganan darurat dan mendata kerusakan di lapangan.

“BPBD setempat melaporkan pascagempa terjadi evakuasi warga. Masih terdapat masyarakat yang bertahan di dataran ketinggian atau di rumah saudara karena trauma,” lanjut Raditya.

Sebelumnya, gempa mengguncang wilayah Maluku Utara dengan pusat gempa di barat daya Daruba.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengkoreksi parameter gempa yang sebelumnya berkekuatan M7,1 menjadi M6,8.

Guncangan gempa tersebut dirasakan sedang oleh warga selama 2-3 detik di Kota Ternate, sedangkan di Kabupaten Halmahera Barat gempa terasa lebih lemah selama 2-3 detik. [ Red ]

admin

Next Post

118 Pengaduan Bansos Corona Masuk ke KPK

Ming Jun 7 , 2020
BidikAceh.com – Jakarta. Sudah 118 pengaduan tentang ketidak beresan dan penyimpangan penyaluran dana bantuan sosial  ( bansos) penanganan covid-19 masuk ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengaduan tersebut  diterima KPK melalui aplikasi JAGA Bansos yang diluncurkan satu pekan yang lalu. Hal itu disampaikan Pelaksana tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, melalui […]

Breaking News

Contains all features of free version and many new additional features.

Kategori